Kamis, 21 Okt 2021 00:00 WIB

Ini 7 Cara untuk Tetap Produktif & Bahagia Tanpa Narkoba

Advertorial - detikHealth
adv
Jakarta - Anggapan narkoba dapat membuat penggunanya bebas dari stres dan menjadi lebih produktif dapat dipastikan keliru. Sensasi kesenangan yang dihadirkan obat-obatan terlarang bersifat semu dan berujung destruktif.

Melansir situs resmi Badan Narkotika Nasional (BNN), secara substansi, narkotika merupakan obat-obatan berkhasiat baik untuk tubuh manusia, seperti menenangkan, merangsang sel-sel otak, dan sebagainya. Namun, ketika disalahgunakan, narkoba akan mengambil alih kendali atas tubuh penggunanya hingga menimbulkan efek kecanduan dan merusak kualitas hidup.

Sejatinya, ketenangan dan produktivitas bisa diraih tanpa perlu rangsangan narkoba. Kuncinya adalah mengubah pola pikir dan cara hidup agar bisa melalui setiap tantangan dengan cara yang baik.

Dibandingkan menjadikan narkoba sebagai jalan pintas yang sesat, ada banyak cara untuk memperoleh rasa bahagia secara utuh. Berikut ini 7 aktivitas yang bakal membuat hidupmu jauh lebih bahagia tanpa narkoba.

1. Bersyukur Setiap Saat

adv

Menghargai hal-hal kecil, sesederhana bangun pagi dan menikmati matahari pagi, dapat menimbulkan rasa tenang dan bahagia. Catat dan syukuri setiap hal kecil yang terjadi di hidup kamu, sehingga kamu terbebas dari perasaan sedih dan meratapi masalah yang sedang dihadapi. Pola pikir positif akan membuka jalan untuk menyelesaikan setiap tantangan dan masalah yang tengah dihadapi.

2. Olahraga Teratur

adv

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon ini berfungsi mengurangi persepsi rasa sakit, juga dapat bertindak sebagai penenang. Saat kamu berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif. Sebagai permulaan, kamu bisa memulai olahraga selama 15-20 menit, lalu secara bertahap bisa ditingkatkan durasi waktunya. Kesehatan fisik dan mental memiliki korelasi yang erat satu sama lain sehingga keduanya perlu dijaga secara seimbang.

3. Menekuni Hobi

adv

Menekuni hobi tidak hanya memberikan kesenangan, tapi juga melatih pola pikir untuk terus berkembang dan belajar hal baru. Tidak ada kata terlambat untuk memulai menekuni hobi. Justru kamu akan mendapat semangat baru, dan memberi kebahagiaan dalam hidup.

4. Fokus pada Target dan Cita-cita

adv

Saat kamu fokus pada cita - cita jangka panjang maupun pendek, pikiranmu akan disibukkan dengan beragam langkah untuk meraih mimpi tersebut. Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki tujuan dalam hidup, kamu akan lebih mudah kehilangan fokus dan terbawa arus pertemanan yang salah.

Fokus pada tujuan hidup akan memberikanmu motivasi untuk menikmati setiap proses yang dilalui dan menghargai segala upaya yang telah kamu lakukan dalam mewujudkan cita-cita.

5. Jalin Keakraban dengan Orang Sekitar

adv

Tertawa bersama orang terdekat cukup membantu mengurangi perasaan cemas maupun stres. Secara ilmiah, tertawa dapat memicu peningkatan hormon dopamin dan endorfin dalam. Kedua hormon ini berperan penting dalam mengatur suasana hati. Saat kamu tertawa lepas bersama orang terdekat, beban hidup seakan hilang untuk sementara. Jadi, luangkan waktu untuk berkumpul bersama orang terdekat, dan tertawalah bersama.

6. Dekatkan Diri dengan Keluarga

adv

Dukungan moral dan emosional merupakan bagian penting bagi kesehatan mental seseorang. Keluarga sebagai lingkungan pertama dalam kehidupan berperan sebagai sistem pendukung utama.

Meluangkan waktu yang berkualitas dengan anggota keluarga dapat meningkatkan kepercayaan diri serta membentuk keluarga harmonis dan bahagia. Mereka dapat menjadi tempat bercerita dan bertukar pikiran mengenai hal-hal yang sedang kamu hadapi.

7. Tinggalkan Lingkungan Toxic

adv

Keputusan hidup kita sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Jika kita berada di tengah para pecandu narkoba, maka potensi untuk terjerumus ke lubang serupa sangatlah besar. Jangan ragu dan takut untuk keluar dari lingkungan yang dirasa tak memberimu dampak positif. Kamu bisa menemukan lingkungan baru yang lebih positif, seperti di komunitas hobi, olahraga, atau memperdalam keterampilan baru.

Itu dia beberapa kegiatan positif yang bisa menjauhkan kamu dari jerat sesat narkoba. Sadari bahwa kecanduan narkoba tak akan memberikan efek positif dan malah akan membawa kerugian besar. Seperti yang dikatakan BNN, narkoba bisa merusak kualitas hidup penggunanya bahkan mengantarkan pada kematian.

(adv/adv)