Senin, 27 Jun 2022 00:00 WIB

Biar Penglihatan Nggak Kabur, Ini Kiat-kiat Jaga Kesehatan Mata

Advertorial - detikHealth
adv_sidomuncul Foto: Shutterstock
Jakarta - Sadarkah Anda, ada banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan mata. Mulai dari menatap layar gadget, membaca di ruangan redup, paparan sinar UV dari matahari, dan berbagai hal lainnya bisa menimbulkan masalah pada mata.

Mengingat vitalnya fungsi mata dalam kehidupan, maka kesadaran menjaga kesehatannya mesti ditumbuhkan. Upaya menjaga kesehatan mata ini dapat dilakukan melalui kombinasi perilaku hidup yang baik dan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

Perilaku untuk Jaga Kesehatan Mata

Agar kesehatan mata tetap prima, ada sejumlah perilaku yang mesti diterapkan mulai sekarang. Jangan sampai, Anda menyesal begitu kondisi mata mulai menurun dan penglihatan menjadi terganggu.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

1. Kurangi Penggunaan Gadget Terlalu Lama

Mengutip situs resmi Kemendikbud, kebiasaan menatap layar gawai terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah, sakit kepala, nyeri leher, dan pandangan menjadi kabur.

Oleh karena itu, berlatih dan disiplinkan diri tentang penggunaan gadget. Misal, hindarkan gadget ketika akan tidur dan setelah bangun tidur.

2. Lakukan Pemeriksaan Rutin Mata

Deteksi dini merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Untuk itu, penting melakukan pemeriksaan rutin ke dokter spesialis mata setidaknya setahun sekali.

Dengan memeriksakan mata secara rutin, Anda dapat mengetahui sesegera mungkin jika ada masalah pada mata sehingga dapat segera ditangani.

3. Lakukan Relaksasi

Aktivitas bekerja maupun belajar membuat otot-otot, termasuk otot mata menjadi tegang. Agar mata tak kelelahan, lakukan relaksasi ringan pada mata. Caranya, bisa dengan mengalihkan pandangan ke objek lain di sekitar, selain komputer atau gawai, selama beberapa waktu setiap 20 menit. Hal tersebut dapat mengurangi beban kerja mata.

4. Gunakan Kacamata Hitam

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dapat menimbulkan masalah mata. Untuk menghindari hal ini, gunakan penutup mata agar tak langsung terpapar sinar matahari, baik itu menggunakan kacamata hitam atau menggunakan helm dengan kaca gelap yang memiliki proteksi terhadap sinar ultraviolet.

5. Hindari Rokok

Selain buruk untuk paru-paru, ternyata merokok dapat meningkatkan risiko gangguan mata seperti katarak, degenerasi makula, dan kerusakan pada saraf retina. Hal itu dikarenakan asap rokok yang mengandung berbagai zat beracun menyebar dan masuk ke mata. Sebaiknya, kurangi dan tinggalkan kebiasaan merokok untuk kesehatan.

6. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin

Di samping untuk menjaga imunitas tubuh, kekuatan tulang serta menjaga kesehatan organ tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin juga diperlukan guna menjaga kesehatan mata dan ketajaman penglihatan. Beberapa vitamin bahkan secara khusus direkomendasikan ahli untuk dikonsumsi secara rutin demi menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Menurut American Optometric Association, vitamin seperti vitamin A, C serta E sangat dibutuhkan oleh mata untuk mencegah gangguan dan penyakit yang mungkin terjadi. Ketiga vitamin tersebut bahkan diklaim ampuh untuk atasi penyakit mata seperti katarak hingga penurunan fungsi otot mata.

Secara alami, vitamin-vitamin yang direkomendasikan ini bisa didapatkan melalui asupan buah-buahan yang asam, tomat, kacang-kacangan hingga ikan yang mengandung banyak minyak sehat. Menambahkan makanan-makanan tersebut ke dalam pola diet harian dinilai sangat baik untuk menjaga kesehatan mata secara menyeluruh.

Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung sumber nutrisi bagi kesehatan mata. Hal ini bisa menambah efektivitas pemenuhan nutrisi di samping dari asupan makanan dan minuman.

Adapun produk suplemen yang dapat dipilih, yakni Sido Muncul Bilberry Carrot. Produk ini mengandung kombinasi ekstrak buah bilberry, wortel, vitamin B2, dan vitamin C untuk membantu memelihara kesehatan mata.

Bilberry dan wortel merupakan antioksidan kuat yang baik untuk mata. Antosianosida, senyawa yang terkandung dalam buah bilberry, berperan dalam membantu sirkulasi darah pada bagian mata dan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara itu, wortel mengandung betakaroten (unsur vitamin A) berkadar tinggi yang berkhasiat untuk menyehatkan mata.

Sido Muncul Bilberry Carrot mengandung ekstrak buah bilberry terstandar dengan kadar zat aktif >36% antosianosida. Dipadukan dengan ekstrak wortel (setara dengan 2.400 IU vitamin A), serta dilengkapi dengan vitamin C, dan vitamin B2.

Sido Muncul Bilberry Carrot dikemas menggunakan vegetable capsules sehingga dapat dikonsumsi semua kalangan termasuk vegetarian. Untuk menjamin kualitas produk, Sido Muncul Bilberry Carrot diproduksi di pabrik modern dan higienis berstandar Good Manufacturing Practices (GMP) dan telah melalui uji laboratorium bersertifikasi ISO. Tahapan ekstraksi dilakukan dengan suhu rendah di bawah 60 °C agar zat aktif yang terkandung tetap stabil. Selain itu, Sido Muncul Bilberry Carrot juga sudah memiliki sertifikat halal

Minum 1 kapsul Sido Muncul Bilberry Carrot sehari dapat membantu memelihara kesehatan mata. Ini bisa jadi solusi praktis untuk jaga kesehatan mata di tengah padatnya aktivitas.

Sido Muncul Bilberry Carrot bisa Anda dapatkan di Watsons, Boots, Apotek Wellings, Century, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Lulu Hypermarket, Grand Lucky, apotek, dan toko obat terdekat. Bagi Anda yang ingin belanja online, produk ini tersedia di website e-commerce resmi Sido Muncul www.sidomunculstore.com atau marketplace via official store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada ,dan JD.id. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini. (adv/adv)