Sabtu, 23 Jul 2022 11:00 WIB

Kenali 6 Jenis & Manfaat Natural Oil untuk Kecantikan Kulit-Rambut

Advertorial - detikHealth
adv Foto: Shutterstock
Jakarta - Natural oil atau minyak alami kini banyak dimanfaatkan sebagai komposisi skin care, maupun personal care. Di samping aman, lantaran terbuat dari daun, bunga, hingga akar tumbuhan, natural oil ternyata juga memiliki banyak khasiat.

Saking berkhasiatnya, dikutip dari Best Health, Cleopatra pun menggunakan minyak biji jintan hitam sebagai perawatan kecantikan, dan calendula untuk penyembuhan kulit selama ratusan tahun seperti pigmentasi, kemerahan, hingga tanda awal penuaan.

Keunggulan Natural Oil

Dilansir dari situs Black Paint, natural oil mengandung bahan bioaktif yang memiliki nutrisi, penyembuhan dan sifat pelindung untuk kulit. Mereka memiliki struktur molekul yang halus sehingga memungkinkan penyerapan cepat dan mudah oleh kulit untuk memperbaiki, memelihara, dan melindunginya.

Menariknya, natural oil kini juga kerap populer digunakan sebagai perawatan kulit jangka panjang. Sebab, bahan ini tidak memberikan efek samping, berbeda dengan produk perawatan kulit sintetis.

Tak hanya baik untuk perawatan kulit, natural oil juga banyak dimanfaatkan untuk perawatan tubuh, termasuk rambut. Untuk rambut yang mudah rapuh dan patah, natural oil dapat membantu melindungi helai rambut dan mencegah kerusakan seperti dikutip dalam stylecarze. Meminyaki rambut dengan natural oil bisa mencegah kondisi rambut kering atau kerusakan yang disebabkan pengeringan berulang menggunakan hair dryer.

Jenis & Manfaat Natural Oil

Natural oil memiliki manfaat yang berbeda, bergantung dengan setiap jenisnya. Sebab, setiap jenis natural oil memiliki komposisi berbeda dan umumnya digunakan untuk mengatasi masalah yang berbeda pula. Berikut keenam jenis natural oil yang kerap digunakan untuk merawat kecantikan kulit hingga rambut dikutip dari berbagai sumber.

  • Meadowfoam Oil

Meadowfoam oil bertindak sebagai emolien saat dioleskan ke rambut atau kulit. Seperti diketahui, emolien merupakan zat yang membuat perlindungan pada kulit untuk mengunci kelembapan. Meadowfoam oil juga memiliki beberapa sifat yang menjadikannya sering dimanfaatkan dalam produk perawatan kulit maupun rambut. Sebab, minyak yang satu ini dapat disimpan dalam waktu lama tanpa kehilangan keefektifannya.

Tak hanya itu, meadowfoam oil juga bermanfaat untuk perawatan awal stretch mark, meredakan kerusakan kulit akibat sinar matahari, hingga berpotensi menjaga rambut terhidrasi agar terhindar dari kerapuhan dan kekusutan.

  • Coconut Oil

Minyak kelapa dianggap terbaik untuk melindungi rambut secara alami. Pasalnya, nutrisi dalam minyak kelapa mampu menembus lapisan terdalam batang rambut dan mencegah kehilangan protein pada rambut rusak. Tak hanya itu, minyak ini juga dapat membantu memperkuat rambut, dan melindunginya dari kerusakan akibat panas. Sementara untuk kulit, minyak kelapa dapat memberikan kelembapan karena mengandung lemak jenuh yang dapat mencegah hilangnya kadar air.

  • Camellia Oil

Camellia oil kaya akan vitamin A, B, C, D, dan E, yang memberikan nutrisi pada kulit. Minyak ini juga memiliki susunan seperti minyak alami kulit sehingga memastikan penyerapan yang jauh lebih baik dan lebih cepat ke lapisan epidermis. Saat dioleskan, camellia oil membantu mengunci kelembapan, menjaga kulit tetap halus dan terhidrasi sepanjang hari. Tak hanya itu, camellia oil pun mengandung nutrisi yang membantu menjaga keremajaan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan.

Adanya nutrisi penting dan asam lemak juga membuat camellia oil mampu menyehatkan folikel rambut, menjadikannya halus dan berkilau. Itu sebabnya, banyak wanita memilih untuk menggunakannya sebagai kondisioner.

  • Argan Oil

Argan oil paling sering ditemukan di produk sampo dan perawatan kulit. Sebab, argan oil mampu meningkatkan elastisitas kulit, yang menjadikannya komponen berharga dari produk perawatan kulit anti-penuaan atau untuk kulit dewasa. Minyak ini juga menjaga tingkat hidrasi di kulit, dan ketika digunakan sebagai bagian dari formulasi perawatan kulit, telah terbukti membantu bahan bermanfaat lainnya menembus kulit dengan lebih efektif.

  • Jojoba Seed Oil

Minyak jojoba sering kali digunakan dalam formulasi perawatan kulit karena sifat pelembabnya dan meningkatkan penyerapan obat topikal yang lebih baik. Minyak ini mengandung ester lilin yang membantu menjaga kulit. Menggunakan minyak jojoba dapat membantu mengatasi ketombe, jerawat di kulit kepala, dan kekeringan agar kulit kepala dan rambut tetap sehat.

  • Grape Seed Oil

Seperti namanya, grape seed oil diperoleh melalui ekstraksi dari biji anggur. Minyak nabati ini mengandung asam linoleat yang tinggi yang dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit, menenangkan kulit dengan mengurangi peradangan, dan mengurangi jerawat. Grape seed oil juga dapat meresap dengan cepat saat digunakan, dan tidak meninggalkan hasil akhir berminyak yang mengganggu.

Biji anggur mengandung proanthocyanidins, di mana senyawa ini dapat merangsang anagen (fase pertumbuhan) pada rambut. Kandungan ini juga dapat membantu memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan natural oil. Adapun manfaat tersebut kini bisa didapat dalam produk lavojoy, Let It Glow Body Serum dan SOS Nourishing Conditioner.

advFoto: lavojoy

Let It Glow Body Serum terdiri dari dua varian, Summertrain dan Dancing in The Mist. Serum tubuh ini diformulasikan dengan meadowfoam oil, coconut oil, dan camellia oil untuk membantu mengembalikan kelembapan dan menutrisi kulit. Ada pula kandungan niacinamide yang mampu memperbaiki tampilan perubahan warna kulit, mencerahkan kulit kusam dan meratakan warna kulit.

Tak hanya itu, serum ini juga mengandung ekstrak kulit jeruk Reticulata (Tangerine) yang akan mengencangkan sel-sel kulit di permukaan. Ada pula ekstrak Chondrus Crispus untuk melindungi, melembutkan, dan menenangkan kulit.

Summertrain memiliki aroma jeruk dan buah-buah segar yang akan memberikan kesegaran di musim panas. Sementara Dancing in The Mist memiliki aroma bunga, dengan lemon dan jeruk bali sebagai nada atas, aroma yang lembut memberikan kesan relaksasi dan kesenangan yang tak akan terlupakan.

SOS Nourishing Conditioner dapat digunakan setelah keramas. Kondisioner ini diformulasikan dengan argan oil, jojoba seed oil, dan grape seed oil yang akan membentuk lapisan pelindung untuk merevitalisasi rambut rusak. Kandungan sericin akan memelihara kesehatan rambut dan membantu mencegah kerusakan pada rambut. Dan nutrisi B5 akan memperkuat rambut dari kerusakan. SOS Nourishing Conditioner memiliki varian Lazy Sunday dengan aroma bunga dan buah manis yang menyegarkan kulit kepala dan memberi wewangian yang mengesankan. (adv/adv)