Ayah Bunda, Yuk Kenali Cara Deteksi Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Ayah Bunda, Yuk Kenali Cara Deteksi Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Advertorial - detikHealth
Selasa, 27 Sep 2022 13:00 WIB
adv yayasan
Foto : detikcom
Jakarta - Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan kelainan yang banyak ditemukan pada bayi yang baru lahir. Dengan angka prevalensi kira-kira 8 per 1.0000 kelahiran, PJB telah diidentifikasi sebagai salah satu penyebab kematian yang paling sering terjadi pada satu tahun pertama kehidupan.

Hingga saat ini, PJB juga menjadi kelainan bawaan yang paling sering ditemukan. Penyebab PJB masih belum diketahui secara pasti, dan gejala yang muncul pada pasien dengan PJB sangatlah bervariasi.

Dilansir dari NHS, gejala PJB dapat muncul sesaat setelah lahir, pada masa bayi, hingga usia dewasa. Gejalanya dapat berupa detak jantung dan nafas yang cepat, pembengkakan pada kaki hingga nafas yang tersengal saat menyusui.

Kabar baiknya, PJB dapat dideteksi sedini mungkin saat masih berada dalam kandungan. Kunci pencegahan PJB adalah dengan melakukan pemeriksaan sebelum dan selama masa kehamilan.

Karena kejadiannya yang sulit diprediksi, bayi penderita PJB bisa saja tidak menunjukkan gejala sampai ia berusia dewasa. PJB yang tidak terdeteksi dan terobati berisiko menyebabkan gagal jantung dini dan kematian. Karena risiko yang tinggi serta kejadian yang sulit diperkirakan, maka penting untuk melakukan deteksi dini PJB pada bayi yang baru lahir.

Sebagai yayasan yang memiliki visi sebagai Pelopor Gaya Hidup Sehat, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui sejumlah kegiatan. Di antaranya, penyuluhan kepada masyarakat luas melalui berbagai media seperti kegiatan preventif melalui Klub Jantung Sehat, serta kuratif atau rehabilitatif yaitu bantuan intervensi, rehabilitasi, serta deteksi dini pada anak-anak dengan PJB dari keluarga pra sejahtera.

YJI sebagai organisasi yang peduli dengan kesehatan anak-anak pengidap PJB memandang perlu memperkuat kolaborasi agar upaya prevalensi dapat berjalan efektif antara seluruh elemen masyarakat. Salah satunya yakni dengan cara deteksi dini sebagai upaya pencegahan.

Untuk itu, YJI bekerja sama dengan detikcom menggelar webinar dengan tema 'Mengenal Lebih Jauh Penyakit Jantung Bawaan (PJB) Pada Anak'. Acara ini akan diselenggarakan pada Rabu, 28 September 2022 pukul 15.00 -16.00 WIB di laman detikcom.

Tujuannya adalah untuk mensosialisasikan gaya hidup sehat sedini mungkin agar dapat menghindari risiko penyakit jantung dan kardiovaskular. Selain itu, acara ini juga bertujuan mensosialisasikan pentingnya deteksi dini sebagai upaya preventif PJB pada anak.

Webinar ini akan menghadirkan Ketua Umum YJI Esti Nurjadin dan cardiologist dr. Radityo Prakoso, Sp.JP(K) FIHA sebagai pembicara. Lalu, hadir pula parenting influencer Cheria Vasti yang akan membagikan tips membuat anak terbiasa dengan budaya hidup sehat sejak dini.

Selain berbagi tips dan informasi seputar PJB, penonton juga bisa berpartisipasi dalam sesi Q&A dan memperoleh merchandise dari YJI. Acara ini didukung oleh Tropicana Slim untuk jantung lebih sehat serta Le Minerale sebagai Official Mineral Water

Yuk, catat tanggalnya dan saksikan webinarnya lewat tautan detik.com/webinar.WHD1. Jangan sampai terlewat ya! (adv/adv)