Jumat, 26 Mei 2017 14:08 WIB

Berkebun Bisa Bantu Cegah Kegemukan pada Anak

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Orang tua manapun pasti ingin memanjakan anak, termasuk untuk urusan makanan. Tetapi jika kebablasan, satu hal yang bisa terjadi adalah kegemukan.

Meski demikian, peneliti dari University of California menemukan bahwa berkebun dapat membantu mencegah anak mengalami kegemukan.

Peneliti menemukan manfaat ini setelah mengamati 230 anak-anak usia 9-10 yang mengikuti kegiatan berkebun yang diperkenalkan di 4 sekolah di California. Pembandingnya adalah 179 anak di sekolah yang sama dan tidak mengambil kelas ini.

Ternyata selain mencegah kegemukan, anak yang kelebihan berat badan lalu diajak mengikuti kelas berkebun ini cenderung mengalami penurunan bobot yang signifikan hanya dalam kurun satu tahun saja.

Peneliti meyakini bahwa kegiatan ini mengajarkan anak-anak tentang makanan sehat seperti sayur-mayur dan buah-buahan, di samping memberi mereka kesempatan untuk beraktivitas di luar ruangan.

"BMI dan rasio lingkar pinggang-tinggi anak mengalami perbaikan yang luar biasa, dengan anak yang kelebihan bobot mengalami penurunan dari 55,6 menjadi 37,9 persen," ungkap ketua tim peneliti, Dr Rachel Scherr seperti dilaporkan Daily Mail.

Baca juga: Sering Dilakukan, Tapi 5 Cara Memberi Makan Seperti Ini Tidak Tepat

Selain berkebun, dr Michael Triangto, SpKO juga menuturkan olahraga bisa jadi sarana bagi orang tua untuk mengajak anak-anak mereka bergerak.

"Ajak anak-anak bermain permainan yang fun misalnya sepak bola, bulu tangkis, tenis, sekadar main-main saja yang penting badan bergerak. Atau paling mudah ya ajak anak jalan pagi atau joging," sarannya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Namun bagi orang tua yang sibuk bekerja, aktivitas ini masih bisa diagendakan di akhir pekan. Bisa dengan mengajaknya berolahraga di taman, bersepeda, melakukan berbagai permainan, atau yang paling mudah, berlari.

Baca juga: Hal yang Perlu Dipahami Ayah dan Ibu Saat Anak Alami Obesitas (lll/vit)
News Feed