Jumat, 02 Jun 2017 06:46 WIB

Saat Ogah Berenang Tak Sekadar Bentuk Ketakutan Anak pada Air

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ada anak yang suka berenang meskipun sebaliknya, ada pula anak-anak yang ogah berenang. Nah, beberapa hal disebut bisa memicu anak enggan berenang bahkan takut berenang.

Dalam studi yang dilakukan badan olahraga Fusion Lifestyle, ditemukan sampai 40 persen anak usia sekolah tidak pernah mengikuti pelajaran berenang. Diungkapkan pula beberapa alasan mengapa anak bisa enggan berenang.

Anak-anak tidak mau masuk ke kolam renang karena mereka tidak nyaman ketika menggunakan pakaian agak terbuka dan memakai pakaian renang di depan orang yang tidak mereka kenal. Kemudian, satu dari empat orang tua mengakui bahwa sang anak malu dengan penampilan fisik mereka ketika menggunakan pakaian renang.

Tak hanya itu, satu dari lima anak juga takut ditertawakan anak lain. Sehingga, mereka lebih memilih untuk tidak berenang sama sekali. Proses sebelum dan sesudah renang juga diketahui turut menghalangi dorongan mereka untuk berenang. Separuh anak dalam studi tersebut mengaku membilas tubuh dan terpapar klorin di air kolam renang menjadi salah satu alasan mereka enggan berenang.

"Kita mungkin berpikir ini sesederhana anak takut air. Tapi, itu lebih dari ketakutan emosional anak ketika memakai baju renang, terkena sampo di mata, dan melepas bajunya di ruang ganti," kata psikolog Dr Simon Moore, dikutip dari Daily Star.

Sayangnya, lanjut Moore, dalam menyikapi situasi ini kadang orang tua jadi tidak berempati. Misalnya, mereka justru menghukum sang anak, memberi target prestasi yang cukup tinggi di mana itu semua justru membuat anak menjadi semakin takut dengan aktivitas berenang.

Baca juga: Jangan Biarkan Anak-anak Berenang Terlalu Lama

Simak juga videonya di 20detik:



Ketika anak takut berenang, penting bagi orang tua untuk mencari lebih jauh apa faktor yang membuat si kecil takut berenang. Jika memang ada trauma di masa lalu, bantuan profesional bisa dibutuhkan untuk menghilangkan trauma tersebut. Dikutip dari Swimoc, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak tak lagi takut berenang:

1. Ajak anak ke sisi kolam renang kemudian kenalkan air padanya. Beri tahu anak bahwa air tidak berbahaya dan tidak akan menyakiti mereka. Bahkan, Ayah dan Ibu bisa memercikkan air ke wajah anak untuk menunjukkan bahwa air bisa menyenangkan.

2. Setelah anak tidak takut pada air, mulai ajak ia perlahan masuk ke kolam renang. Saat itu, Anda bisa mengajaknya melakukan beberapa permainan di kolam renang. Cara sederhana seperti membuat gelembung di dalam air pun bisa jadi hal yang menyenangkan untuk anak.

3. Lalu, mulai latih anak untuk berenang. Di awal, Anda bisa membantunya dengan menahan perut atau punggungnya selama ia mengambang di air. Ketika ia mulai nyaman di air, Anda bisa mulai meminta anak melompat ke kolam renang. Pastinya, dengan Ayah dan Ibu yang tetap ada di kolam renang. Hal ini akan membuat anak merasa aman sebelum akhirnya ia bisa mandiri di kolam renang.

Baca juga: Ayo Berenang! Ini 7 Manfaat Sehat Olahraga Renang

(rdn/up)
News Feed