Kamis, 22 Jun 2017 11:06 WIB

Sering Main Bareng Ayah, Anak Terhindar dari Obesitas

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Peran ayah dalam tumbuh-kembang anak sangat besar. Salah satunya adalah menghindari risiko anak mengalami obesitas. Simak di sini penjelasannya. (Foto: Thinkstock) Peran ayah dalam tumbuh-kembang anak sangat besar. Salah satunya adalah menghindari risiko anak mengalami obesitas. Simak di sini penjelasannya. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Peran ayah dalam tumbuh-kembang anak sangat besar. Studi terbaru menyebut anak yang sering bermain bersama ayahnya bisa terhindar dari risiko obesitas.

Michelle Wong dari John Hopkins Bloomberg School of Public Health menyebut ayah yang terlibat aktif dalam pengasuhan anak membuat berat badan anak lebih terjaga. Risiko obesitas anak pun bisa turun hingga 30 persen jika ayah ikut memberikan makan dan bermain bersama anak.

"Saat ayah terlibat, maka anak mendapat pengasuhan yang optimal. Ia diperhatikan dan diberi kasih sayang oleh kedua orang tuanya, yang membuat kualitas pengasuhannya meningkat," tutur Wong, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Anak Gemuk dan Ada Lipatan Hitam di Leher? Waspadai Risiko Ini

Penelitian dilakukan kepada 10.700 anak yang lahir pada tahun 2001, dan berat badannya dipantau hingga mereka berumur 7 tahun. Setelah itu, jam kerja orang tua diukur dan mereka diminta mengisi berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengurus anak.

Hasil penelitian menyebut ayah yang memperbanyak waktu bersama anak bisa menurunkan risiko obesitas anak usia 2-4 tahun hingga 6 persen. Penurunan risiko lebih besar ketika anak sudah mencapai usia 7 tahun, yakni 8 persen.

Baca juga: Awas, Anak Jadi Rentan Kegemukan Jika Hafal Produk Makanan di TV

Peneliti menduga keterlibatan ayah membuat anak lebih sering bermain di luar ruangan dan melakukan aktivitas fisik. Dengan begitu, anak lebih banyak bergerak dan menjadi lebih aktif, yang tentu saja menurunkan risiko obesitas.

"Bermain di luar ruangan memiliki banyak manfaat dan lebih baik daripada hanya duduk di depan layar, memainkan gadget atau makan makanan dengan gizi rendah," paparnya.

Baca juga: Punya TV di Kamar, Anak Berisiko Jadi Obesitas

Terlalu sering main gadget bisa bikin anak kecanduan. Simak penjelasannya di video Bincang Sehat berikut:

(mrs/up)
News Feed