Sabtu, 23 Feb 2013 14:15 WIB

Gigi yang Tiba-tiba Lepas Saat Anak Jatuh Jangan Buru-buru Dibuang

- detikHealth
(Foto: ThinkStock)
Jakarta - Terkadang anak-anak terjatuh karena bermain sepakbola atau sepeda yang menyebabkan giginya lepas. Saat hal itu terjadi, gigi tersebut jangan buru-buru dibuang. Segeralah bawa anak dan gigi yang lepas ke dokter untuk diperbaiki.

"Kalau anak terantuk yang menyebabkan giginya lepas, bawa saja anak dan giginya yang sudah dicuci dengan air mengalir ke dokter," kata dokter spesialis gigi anak, Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA(K), PhD.

Hal itu disampaikan Prof Heriandi dalam seminar bertajuk 'Gigiku Sehat Tubuhku Kuat' di Auditorium Sekolah Islam Dian Didaktika, Jl Rajawali Blok F No. 16 Cinere Estate, Depok, Jawa Barat, Sabtu (23/2/2013).

Sesaat setelah gigi anak lepas karena terantuk benda keras, sambung Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, simpanlah gigi itu di bawah lidah. Tapi hati-hati jangan sampai gigi tertelan.

Atau Anda bisa menyimpannya gigi tersebut dalam kotak berisi air atau susu. Yang terpenting jangan biarkan gigi itu menjadi kering dan terpapar banyak bakteri.

Menurut Prof Hariadi, saat gigi sudah kering akan sulit dipasang kembali. Nah, cairan untuk menyimpan sementara gigi itu dimaksudkan agar cairan alaminya tidak berubah.

"Nanti oleh dokter, gigi yang lepas itu bisa dimasukkan lagi," imbuh Prof Heriandi.




(mer/vit)