Rabu, 21 Mei 2014 14:45 WIB

Agar Anak Pede Menghadapi Ujian, Orang Tua Jangan Ikut-ikutan Tegang

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sudah menjadi hal yang biasa ketika anak-anak khawatir dan cemas ketika mereka akan menghadapi ujian, utamanya ujian nasional yang menjadi penentu kelulusan mereka. Nah, 'tren' yang terjadi saat ini, ketika anak akan ujian, orang tua pun ikut merasa tegang.

Menanggapi hal ini, psikolog anak dan remaja Anna Surti Ariani S.Psi menuturkan akan lebih baik jika orang tua tidak ikut-ikutan tegang ketika anak akan ujian. Justru berilah afirmasi positif kepada anak agar ia siap mengerjakan ujian.

"Kalau orang tua tegang anaknya juga ikutan tegang dan cemas. Cobalah tenangkan diri dan ungkapkan kata-kata yang positif untuk anak," terang wanita yang akrab disapa Nina ini dalam perbincangan dengan detikHealth, Rabu (21/5/2014).

"Katakan mama sama papa percaya kamu sudah ngerti materinya dan sudah berusaha, sekarang istirahat dulu supaya besok fresh dan jangan lupa berdoa biar besok bisa ngerjain ujiannya dengan baik," tutur Nina mencontohkan.

Dengan begitu, anak akan mendapat afirmasi positif sehingga ia merasa orang tua memberikan kesempatan bagi dia mengontrol diri dan ia pun percaya diri alias pede karena merasa dipercaya. Sehingga, nantinya ia akan nyaman saat mengerjakan ujian.

Justru, jangan tuntut anak dengan mengatakan ia harus bisa mengerjakan ujian. Hal ini malah akan membuat anak cemas dan tidak berkonsentrasi saat ujian. Setelah ujian selesai, barulah bisa dilakukan evaluasi.

Setelah ujian, tanyakan pada anak apa kendala apa yang ia hadapi. Jika banyak kendala, beri arahan pada anak untuk bisa belajar lebih giat lagi dan mana materi yang masih perlu dipelajari tapi jangan lupa untuk tetap memberikan afirmasi positif padanya.

"Sebelum ujian kita juga bisa membuat simulasi di mana kita kasih soal ke anak dan dia suruh mengerjakan dengan batasan waktu, jadi anak udah latihan gimana menghadapi ujian, bukan sekadar tanya jawab lisan aja," lanjut Nina.

Pastinya, tak kalah penting untuk menyiapkan si kecil menghadapi ujian yakni dengan membiasakan ia belajar misalnya mengulang perlajaran atau mengerjakan PR di rumah.

(rdn/vit)