Rabu, 30 Des 2015 13:45 WIB

Alergi Saat Kecil Tingkatkan Risiko Masalah Kejiwaan ketika Dewasa

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Memiliki alergi tak hanya membuat seseorang berisiko sakit-sakitan. Studi terbaru mengatakan mengidap alergi saat kecil meningkatkan risiko memiiki masalah kejiwaan ketika dewasa.

Studi yang dilakukan oleh Dr Maya K Nanda dari Children's Mercy Hospital in Kansas City, Missouri, menyebut anak yang memiliki alergi akan lebih rentan mengalami depresi dan gangguan kecemasan ketika dewasa. Semakin banyak atau semakin parah alerginya, kemungkinan mengidap masalah kejiwaan pun semakin besar.

"Yang paling mengejutkan adalah rhinitis karena alergi memiliki asosiasi yang kuat dengan kecemasan dan depresi, dibandingkan dengan alergi lainnya," ungkap Dr Maya dalam jurnal Pediatrics, dikutip dari Reuters, Rabu (30/12/2015).

Baca juga: Plus Minus Permainan Fisik dan Gadget untuk Tumbuh Kembang Anak

Penelitian Dr Maya dilakukan kepada 546 anak, dengan melakukan tes dan ujian pada usia 1, 2, 3, 4 dan 7 tahun. Ciri alergi yang diperhatikan antara lain bersin-bersin, mata merah dan gatal, serta ruam kemerahan di kulit.

Pada usia 7 tahun, orang tua diberikan 160 pertanyaan tentang perilaku dan emosi anak. Pertanyaan yang diajukan antara lain frekuensi anak merasa cemas, takut, tegang, resah dan sedih.

Hasil penelitian menunjukkan anak yang lebih sering bersin atau mengalami mata merah dan gatal saat umur 4 tahun memiliki skor depresi dan kecemasan yang tinggi saat menginjak usia 7 tahun. Sayangnya, studi ini tidak menjelaskan adanya hubungan sebab-akibat antara alergi dengan kesehatan mental seseorang.

Meski begitu ada dua teori yang berkembang. Pertama perilaku anak berubah seabgai respons terhadap alergi. Teori kedua adalah adanya reaksi biologis dari antibodi yang memengaruhi otak, terutama bagian emosi.

Untuk itu Dr Maya menyarankan agar dokter anak dan orang tua lebih memerhatikan kesehatan mental anak. Jika dirasa kesehatan mental anak terganggu dan membutuhkan penanganan segera, jangan ragu untuk mencari pertolongan.

Baca juga: Si Kecil Idap Asma dan Alergi, Waspadai Risiko Penyakit Jantung

(mrs/up)