Ini Sebabnya Gigi Renggang pada Anak Tidak Perlu Dicemaskan

ADVERTISEMENT

Ini Sebabnya Gigi Renggang pada Anak Tidak Perlu Dicemaskan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 22 Jan 2016 17:38 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Beberapa orang merasa cemas saat gigi anaknya agak renggang. Meski tampilannya tidak sebagus gigi yang rapat, gigi renggang pada anak tidak perlu dikhawatirkan dan bahkan punya kelebihan.

"Gigi susu suatu saat akan tanggal, digantikan gigi dewasa. Jika gigi susunya rapat, saat berganti dengan gigi dewasa yang ukurannya lebih besar maka tidak ada space lagi sehingga akan berantakan," kata drg Rudy Kurniawan, SpKGA dari RSIA Grand Family Pantai Indah Kapuk, Jumat (22/1/2016).

Jika masih berupa gigi susu, maka susunan gigi yang renggang belum perlu dirapikan dengan kawat gigi. Nanti saat tanggal, akan tumbuh gigi baru yang ukurannya lebih besar untuk mengisi celah atau gap yang renggang.

Baca juga: Dokter: Gigi Susu Anak Terlihat Jarang Tanda Perkembangan Rahangnya Bagus

Namun begitu, drg Rudy menyarankan untuk memastikan lagi penyebab gigi renggang pada anak. Jika gigi susu tampak renggang hanya karena banyak berlubang, maka susunannya tidak akan serapi yang diharapkan saat kelak digantikan oleh gigi dewasa.

Susunan gigi yang berantakan bisa disebabkan oleh banyak hal. Kebiasaan minum susu dari botol dan ngempeng semasa kecil tidak disarankan karena bisa berpengaruh pada struktur gigi saat tumbuh dewasa. Kandungan gula dalam susu bisa memicu gigi berlubang, sedangkan isapan saat ngempeng bisa membuat gigi menjadi tonggos.

Baca juga: Ngedot Kelamaan, Bisa-bisa Anak Bakal Pakai Behel Saat Besar Nanti


(up/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT