Latih Disiplin dan Pengetahuan Anak dengan Biasakan Sarapan

ADVERTISEMENT

Latih Disiplin dan Pengetahuan Anak dengan Biasakan Sarapan

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 24 Feb 2016 18:33 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Melatih anak untuk disiplin bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membiasakan sarapan pagi. Anak bisa mulai disiplin bila dilatih dengan jadwal yang sudah tersusun rapi mulai dari bangun sampai berangkat sekolah.

Psikolog keluarga Roslina Verauli, MPsi. Psi, yang akrab disapa Vera mengatakan pada momen sarapan pagi banyak aspek kehidupan mulai dari biologis, stimulasi, dan psikososial yang bisa terpenuhi. Oleh karena itu sangat disayangkan bila keluarga tak terbiasa melakukan sarapan.

Baca juga: Cegah Obesitas, Pilih Menu Tinggi Protein untuk Sarapan Anak

"Ada banyak hal yang bisa ditanamkan saat sarapan. Disiplin misalnya 'hai udah jam 6 kita harus sudah kumpul di meja ini', itu disiplin. Anak datang sendiri, terus ambil makanan sesuai porsinya tidak kelebihan, terus dihabiskan," kata Vera pada acara Bulan Sarapan Sempurna di Senayan, Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Vera menambahkan dengan meniru kebiasaan orang tua ditambah dengan interaksi yang terjadi saat sarapan maka anak juga akan mampu meningkatkan wawasannya. Sebagai contoh ayah atau ibu bisa saja menjawab atau menerangkan sesuatu dari unek-unek pertanyaan anak sambil menyantap hidangan.

"Proses edukasi itu terjadi di pagi hari di meja makan. Diskusi hal-hal yang umum sehingga pengetahuan anak bisa bertambah," kata Vera.

Sarapan sendiri juga memenuhi kebutuhan karbohidrat otak sehingga anak bisa lebih fokus menyerap pelajaran baik di rumah maupun sekolah.

Baca juga: Haruskah Anak-anak Selalu Sarapan Nasi? Ini Kata Dokter (fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT