Kamis, 10 Mar 2016 18:38 WIB

Agar Anak Tak Kena Penyakit Ginjal, Ini Saran Dokter pada Orang Tua

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi pasien anak (Foto: thinkstock)
Jakarta - Selain menyerang orang dewasa, penyakit ginjal juga bisa menyerang anak-anak. Nah, apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan ginjal anak?

Menurut Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr Dhairmeizar, SpPD-KGH, modifikasi gaya hidup merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan ginjal, termasuk untuk anak-anak. Sebab anak-anak memiliki sifat suka meniru, terlebih meniru kebiasaan hidup orang tua.

Nah, jika orang tua sering makan makanan tak sehat, jarang olahraga, jarang minum air putih dan lebih sering bermalas-malasan di rumah, maka bisa dipastikan anak kelak akan mengikuti kebiasaan tersebut. Penyakit ginjal pun bisa menyerang orang tua dan anak.

"Orang tua sekarang rata-rata suka makan di luar karena alasannya tidak sempat masak, jadi kebanyakan makannya fast food," tutur dr Dhairmeizar dalam konferensi pers Hari Ginjal Sedunia 2016 di Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Baca juga: Menggemaskan Sih, Tapi Anak Gemuk Lebih Berisiko Terkena Penyakit
https://health.detik.com/read/2016/03/10/150522/3161753/1301/menggemaskan-sih-tapi-anak-gemuk-lebih-berisiko-terkena-penyakit?l992205755

Oleh sebab itu, dr Dharmeizar menyarankan para orang tua untuk memberikan contoh yang baik, jika ingin anak-anaknya hidup sehat. Terutama dengan cara mengubah pola hidup.

Modifikasi yang bisa dilakukan misalnya dengan mengurangi asupan garam berlebihan, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, serta mengurangi asupan lemak.

Jika orang tua dan anak memiliki berat badan berlebih, maka bisa sama-sama mengatur jadwal olahraga rutin. Ini supaya berat badan bisa turun menjadi lebih ideal dan terkontrol. "Olahraga teratur minimal 30 menit, 4-5 kali seminggu," imbuhnya.

Ada baiknya juga orang tua untuk berhenti merokok. Sebab selain merusak kesehatan, merokok juga bisa membuat orang tua menjadi contoh yang buruk di depan anak.

(ajg/vit)