Jumat, 04 Nov 2016 11:09 WIB

Ada 8 Karakter Kecerdasan, Termasuk yang Mana Anak Anda?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Setiap anak memiliki karakter kecerdasan yang berbeda-beda. Pakar menyebut ada delapan karakter kecerdasan anak. Nah, termasuk karakter yang manakah anak Anda?

"Karakter kecerdasan seseorang ada 8 jenis, yaitu word smart, number smart, picture smart, music smart, body smart, people smart, self smart, dan nature smart," tutur dr Thomas Armstrong, pakar multiple intelligence.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Parenting Club yang digagas Wyeth Nutrition bertema 'Stimulasi Personal adalah Kunci untuk Mengoptimalkan Kepintaran si Kecil' di The Terrace Restaurant, Senayan National Golf Club, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

dr Armstrong menjelaskan word smart adalah anak yang lebih suka berbicara, number smart adalah anak yang tertarik pada angka serta hitung-hitungan. Sementara picture smart adalah anak yang tertarik pada sebuah gambar imajinasi dan music smart adalah anak yang tertarik pada alat musik.

Baca juga: Perlu Dipahami, Terkadang Anak Bisa Memiliki Lebih dari Satu Gaya Belajar

"Body smart itu anak yang lincah bisa mengguling-gulingan badan, people smart itu anak pintar berkomunikasi sama orang lain. Sedangkan self smart itu anak yang mengerti dirinya sendiri, kalau nature smart adalah anak yang menyukai lingkungan alam," sambung dr Armstrong.

dr Arsmtrong juga menjelaskan jenis-jenis kecerdasan anak tersebut dapat memudahkan orang tua memberi stimulasi atau mengembangkan kemampuan anak. Ia menyarankan untuk menstimulasi semua kecerdasan anak karena orang tua tidak pernah tahu kecerdasan apa saja yang bisa berkembang.

Ia juga memberi contoh misalnya anak pintar dalam bidang musik dan catur, namun orang tua hanya mengembangkan bidang musik saja. Nah, kata dr Armstrong, hal tersebut bisa membuat hidup anak tidak seimbang.

Baca juga: Agar Lebih Mudah Dipahami, Mengajarkan Matematika pada Anak Juga Perlu Inovasi

(vit/vit)