Minggu, 06 Nov 2016 08:00 WIB

Batita yang Ceriwis Pertanda akan Jadi Orang yang Banyak Omong Saat Dewasa?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Usia anak baru di bawah tiga tahun (batita). Tapi di usia itu, dia gemar sekali bicara dan bertanya tentang segala hal di sekitarnya alias ceriwis. Jika seperti itu, apakah nantinya saat dewasa dia akan jadi orang yang banyak omong?

"Belum tentu kalau anak umur 2 tahun misalnya, banyak omong, terus nanti gedenya dia jadi orang yang banyak omong," tegas psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi.

Dalam perbincangan dengan detikHealth, Ratih mengungkapkan batita bisa banyak omong karena memang saat itu ia sedang berada di fase perkembangan bicara. Sehingga, kerap ditemukan pula bukan jika anak 2 tahun akan bertanya apapun yang ada di sekitarnya?

Baca juga: Jadikan Ngobrol Sebagai Rutinitas Agar Anak Lebih Terampil Bicara

Terkadang, anak menanyakan hal yang sama dan ketika penjelasan yang diberi orang tua belum selesai, anak sudah punya pertanyaan baru. Ratih tak menampik jika kadang kala situasi seperti itu membuat orang tua kesal.

Banyak bertanya, lanjut Ratih, sebenarnya merupakan cara anak untuk melatih kemampuan bicaranya dan memang kebutuhan anak di usia itu adalah bertanya. Untuk para orang tua, Ratih memiliki saran ketimbang anak bertanya berulang-ulang, lebih baik ajak dia melihat sesuatu yang ia tanyakan sehingga orang tua dan anak bisa bereksplorasi.

"Jadi nggak cuma ini apa, tapi kita jelasin dengan lengkap. Misalnya dia nanya balon, itu apa? Kita jelaskan itu balon dan terbuat dari karet, kalau ditiup ada udaranya. Jadi ada penjelasan. Nah, di situ pengetahuan anak bertambah dan infonya udah lengkap dan dia dijamin deh nggak bakal nanya lagi," papar pemilik akun twitter @ratihyepe ini.

Jangan lupa, saat memberi penjelasan ke anak, gunakan bahasa yang konkret, sederhana, sehingga anak mudah mengerti. Atau, jika mau orang tua bisa balik bertanya pada anak dan nantinya, yang tercipta adalah semacam diskusi dengan anak.

Baca juga: Begini Akibatnya Jika Orang Tua Jarang Ngobrol dengan Anak (rdn/vit)