Minggu, 05 Feb 2017 14:36 WIB

Cegah Kebutaan karena Retinoblastoma, Menkes Canangkan Kampanye Pupil Putih

Baban Gandapurnama - detikHealth
Foto: Baban/detikHealth Foto: Baban/detikHealth
Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mencanangkan Kampanye Pupil Putih guna mencegah kebutaan pada anak-anak. Menkes Nila mengajak seluruh masyarakat untuk mendeteksi dini adanya retinoblastoma di dalam mata anak-anak yang tandanya yakni bagian pupil terlihat putih.

Kampanye Pupil Putih berlangsung di Rumah Sakit (RS) Mata Cicendo, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Minggu (5/2/2017). Kegiatan tersebut merupakan puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-108 RS Mata Cicendo. Turut hadir dalam acara ini yaitu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Pupil itu (kalau) pupilnya putih, itu bisa katarak. Tapi untuk anak kecil itu bisa karena katarak dan kanker. Kalau pupil putih pada orang tua, umumnya katarak," ucap Menkes Nila usai kegiatan tersebut.

Menurut Menkes Nila, perlu penanganan serius guna mencegah dan mengobati indera penglihatan anak-anak yang mengalami pupil putih. Sehingga, sambung dia, antisipasi kebutaan terhadap mata anak dapat ditangani secara cepat.

"Kita harapkan, sekarang ini bisa diobati untuk menyelamatkan mata anak-anak," ucap Menkes Nila.

Retinoblastima merupakan tumor ganas mata yang sering terjadi pada anak. Pupil putih atau seperti 'mata kucing' merupakan tanda klinis awal yang sering ditemukan oleh orang tua atau orang-orang di sekitar pasien. Penyakit ini dapat mengancam penglihatan dan nyawa.

"Retinoblastoma itu lebih banyak karena keturunan," kata Menkes Nila.

Baca juga: Retinoblastoma, Kanker pada Anak yang Paling Bisa Dideteksi Dini

Pencanangan Kampanye Pupil Putih ini diharapkan menyadarkan dan mengedukasi masyarakat soal penyakit pupil putih. Intinya masyarakat dapat deteksi dini serta segera memeriksakan mata anak.

Pusat Mata Nasional (PMN) RS Mata Cicendo saat ini sudah membentuk Layanan Mata Anak Terpadu Retinoblastoma. Sebab banyak anak mengalami retinoblastoma datang ke PMN RS Mata Cicendo dalam kondisi stadium lanjut dan terlambat diketahui dini.

Pemkot Bandung siap mendukung program Kampanye Pupil Putih. "Artinya mesti deteksi dini. Mata seperti itu mulainya agak aneh dengan titik putih di mata. Kadang-kadang dicuekin oleh orang tuanya," ucap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Guna mengurangi kebutaan maksimal dan persoalan pupil putih ini tidak terjadi pada anak-anak di Kota Bandung, Emil telah mengirimkan tim di setiap kelurahan. "Tim ini untuk menemukan mereka yang kena kebutaan yang bisa disembuhkan," ujar Emil.

Baca juga: Kenali, Ini Jenis Kanker yang Bisa Menyerang Anak-anak (bbn/up)