Kamis, 09 Mar 2017 09:02 WIB

Mitos atau Fakta?

Makan Makanan Asin Bikin Anak 'Kecanduan', Benar atau Tidak Ya?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Saat makan makanan bercitarasa asin, seringkali anak jadi susah berhenti. Benarkah ini karena garam pada makanan tersebut bikin kecanduan?

Menanggapi informasi ini, nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, menjelaskan bahwa bukan rasa asinnya yang membuat kecanduan. Efek tersebut adalah karena rasa gurih dari vetsin alias penyedap rasa yang digunakan untuk mengolah makanan.

Vetsin dapat mengaktifkan bagian otak seperti yang juga aktif saat kita mengonsumsi cokelat, yakni bagian 'pleasure'. Akibat respons otak tersebut, anak yang mengonsumsi makanan asin pun cenderung akan menjadi sulit diberhentikan.

Baca juga: Meski Dijuluki Superfood, Konsumsi Madu Juga Ada Aturannya

"Kalau anak-anak terlalu sering mengonsumsi vetsin, citarasa mereka menjadi tawar dan tidak terangsang kalau rasanya tidak gurih. Akibatnya, makanan yang normal pun bisa ditolak," ujar Victoria kepada detikHealth.

Untuk mengurangi kebiasaan ini, Victoria berpesan pada orang tua untuk tidak terlalu sering memberikan anak makanan yang bercitarasa gurih, apalagi yang memiliki kandungan vetsin tinggi. Sebaiknya berikan anak jajanan yang lebih sehat.

Beberapa contoh jajanan sehat yakni seperti buah potong yang diberikan tambahan yoghurt, atau produk susu. Jika ada waktu, akan lebih baik juga bila orang tua mengolah langsung makanan untuk anak, termasuk camilan. Dengan begitu, komposisi bahan yang digunakan bisa lebih jelas dan terukur, sehingga tidak membahayakan kesehatan anak.

Baca juga: Makan Udang Lalu Minum Es Jeruk, Ini Efeknya Bagi Tubuh (ajg/vit)