Selasa, 13 Jun 2017 17:31 WIB

Jangan Sedih Ya! Ini Pesan Psikolog untuk Remaja yang Tak Lolos SBMPTN

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 sudah diumumkan siang ini. Ada peserta yang lolos, ada juga yang tidak. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 sudah diumumkan siang ini. Ada peserta yang lolos, ada juga yang tidak.

Peserta yang lolos diimbau untuk bersyukur, namun tidak melupakan kewajiban untuk daftar ulang di universitas negeri terkait. Nah untuk yang tidak lolos, psikolog Bona Sardo, MPsi, punya pesan untuk kalian.

Baca juga: Ini Daftar Nama yang Lolos SBMPTN 2017

"Sedih boleh, kecewa boleh, itu emosi yang sangat wajar. Tapi setelah itu bagaimana kita menyikapinya. Ada yang menyikapinya dengan positif, ada pula yang negatif," tutur Bona ketika dihubungi detikHealth.

Bona yang mengaku pernah mengalami perasaan serupa, tidak lolos SBMPTN, mengatakan mereka yang sedih dan kecewa memang rentan menyikapi hasilnya dengan negatif. Contohnya adalah menyalahkan mesin penilai hingga menuduh adanya kecurangan.

Bersikap negatif seperti ini dikatakan Bona justru tidak memiliki manfaat apapun. Justru malah menambah perasaan sedih dan kecewa yang sudah dirasakan terlebih dahulu.

Baca juga: Selamat Bagi Peserta Lolos SBMPTN 2017, Jangan Lupa Daftar Ulang

Oleh karena itu, Bona mengatakan cara terbaik untuk menyikapi rasa sedih dan kecewa yang muncul karena tidak lolos SBMPTN adalah dengan bersikap positif. Contohnya dengan mengatur strategi ke depan, apakah ingin mengambil jalur lain untuk masuk ke universitas negeri atau melakukan tes untuk masuk universitas swasta.

"Jadi setelah sedih dan kecewanya selesai, kita langsung memikirkan setelah ini saya mau melakukan apa. Misalnya ingin betul-betul masuk negeri, mau nganggur dulu lalu ikut SBMPTN tahun depan, atau mau masuk negeri, atau ngambil diploma," paparnya.

Baca juga: Tak Lolos SBMPTN 2017, Coba Lagi di Ujian Jalur Mandiri PTN

(mrs/up)