Selasa, 13 Jun 2017 18:46 WIB

Alasan Psikologis di Balik Rasa Senang Saat Lolos SBMPTN

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Lolos SBMPTN merupakan prestasi yang kerap diiringi dengan perasaan sukacita. Ini pesan psikolog bagi kamu yang lolos SBMPTN. (Foto: Agus-detikcom)
Jakarta - Lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 merupakan prestasi yang kerap diiringi dengan perasaan sukacita. Psikolog Bona Sardo, MPSi, punya pesan untuk kamu yang berhasil lolos SBMPTN dan masuk ke universitas negeri pilihan.

"Kalau lolos ya tentunya kan senang. Selamat. Sikapi dengan positif, karena SBMPTN itu kan pesaingnya banyak sekali," tutur Bona saat dihubungi detikHealth.

Baca juga: Jangan Sedih Ya! Ini Pesan Psikolog untuk Remaja yang Tak Lolos SBMPTN

Dikatakan Bona, perasaan senang yang muncul setelah lolos SBMPTN bisa disebabkan karena beberapa hal. Pertama adalah senang maksimal karena lolos SBMPTN untuk jurusan dan universitas negeri favorit yang dipilih.

Kedua, adalah rasa senang karena berhasil lolos SBMPTN, meskipun jurusan dan universitas yang dipilih bukan favorit. Rasa senang muncul karena berhasil mengalahkan saingan lain untuk masuk universitas negeri, meskipun jurusan dan kampusnya bukan pilihan favorit.

Baca juga: Ini Daftar Nama yang Lolos SBMPTN 2017

"Emosinya macam-macam kalau lolos itu. Ada yang senang banget, ada yang senang tapi biasa saja, ada juga yang senang tapi bingung karena diterima di jurusan dan universitas yang bukan pilihannya," papar Bona.

Bona juga berpesan agar peserta yang lolos mau mengikuti kewajiban mahasiswa baru. Di antaranya adalah melakukan pendaftaran ulang dan mengikuti orientasi kemahasiswaan sesuai dengan universitas yang dipilih.

Baca juga: Tak Lolos SBMPTN 2017, Coba Lagi di Ujian Jalur Mandiri PTN

Bagi kamu yang lolos, jangan lupa untuk melakukan registrasi ulang. Proses pendaftaran ulang ini dilakukan melalui masing-masing universitas penerima.

Kamu bisa memantau melalui laman resmi universitas terkait.

"Peserta SBMPTN 2017 yang dinyatakan lulus seleksi dalam pengumuman ini harap segera melihat syarat penerimaan, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) di laman resmi PTN penerima masing-masing," demikian pernyataan dari panitia seleksi, Selasa (13/6/2017).

Baca juga: Selamat Bagi Peserta Lolos SBMPTN 2017, Jangan Lupa Daftar Ulang (mrs/up)