Selasa, 30 Mei 2017 12:32 WIB

Soal Video Bayi Baru Lahir Sudah Bisa 'Jalan', Ini Kata Dokter

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Video bayi baru lahir yang bisa berjalan (Foto: Instagram/@dr.rodrigorosa) Video bayi baru lahir yang bisa berjalan (Foto: Instagram/@dr.rodrigorosa)
Jakarta - Sebuah video di instagram menunjukkan aksi seorang bayi baru lahir yang bisa 'berjalan'. Video ini diunggah oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Rodrigo da Rosa Filho dengan akun @dr.rodrigorosa.

Sejak diunggah pada Minggu (28/5) lalu, video ini sudah dilihat lebih dari 9.400 kali. Dalam video tersebut, nampak seorang bayi yang baru lahir kemudian diposisikan berdiri sehingga kakinya menapak di permukaan kasur. Perlahan tapi pasti, si bayi melangkahkan kakinya seperti orang yang sedang berjalan.

"Bayi ini baru saja lahir dan sudah mulai berjalan? Saya pikir ini terlalu cepat atau dia ingin buru-buru keluar dari rahim?" tulis dr Rodrigo dalam keterangan video berdurasi 41 detik tersebut.

Baca juga: Kaki Bayi Baru Lahir Memang Berbentuk 'O', Tak Perlu Dibedong Kuat-kuat

Bicara soal bayi baru lahir, apakah benar ketika kaki mereka ditapakkan ke permukaan maka otomatis mereka akan seperti sedang belajar berjalan? Menanggapi hal ini, dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan bayi baru lahir memang memiliki refleks yang dinamakan walking atau stepping reflex.

Dikatakan dr Meta, refleks ini disebut juga dancing reflex. Nah, refleks ini pun akan menghilang setelah bayi beruisa dua bulan.

"Kalau telapak kaki bayi kena permukaan datar, keluarlah refleks ini. Kayak bayi yang mau nyoba jalan, kaki yang satu ditempatkan di depan kaki yang lainnya," kata dr Meta saat dihubungi detikHealth, Selasa (30/5/2017).

Menurut dr Meta, refleks seperti itu normal. Ibu satu anak ini menuturkan, refleks berjalan memang mempersiapkan kemampuan anak untuk bisa berjalan kelak.

Baca juga: Bayi yang Rewel Cenderung Gemuk, Bisa Jadi Ini Gara-garanya

(rdn/up)
News Feed