Selasa, 15 Mar 2016 17:02 WIB

Ini yang Perlu Diperhatikan Ortu Jika Ingin Membawa Bayi Naik Pesawat

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Mau membawa bayi bepergian ke luar kota atau luar negeri dengan naik pesawat? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya anak tak rewel dan nyaman di sepanjang perjalanan.

Menurut dr Aditya Suryansyah, SpA dari RSAB Harapan Kita Jakarta, salah satu yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah usia bayi saat dibawa. Jangan terburu-buru, sebaiknya tunda rencana perjalanan jika bayi Anda belum berusia 6 bulan.

"Membawa anak dalam penerbangan kadang cukup riskan, kalau tidak terpaksa sebaiknya ditunda sampai bayi berusia di atas 6 bulan. Walaupun rekomendasi penerbangan mengatakan bayi di atas 1 bulan boleh ikut," tutur dr Aditya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Berat Bayi Beberapa Hari Setelah Lahir Turun? Wajar Kok, Ini Kata Dokter

Yang tak kalah penting adalah bayi harus dalam kondisi fit dan benar-benar sehat. Mengapa? Dalam pesawat terdapat perbedaan tekanan udara dibandingkan di darat, sehingga telinga bayi bisa berdengung dan ia akan menjadi tidak nyaman. Bahkan tak sedikit yang kemudian menjadi rewel.

"Selain itu, suhu di pesawat juga relatif lebih dingin. Ini menyebabkan produksi lendir di hidung bertambah dan hidung tersumbat," imbuh dr Aditya.

Nah, saat akan berangkat, dr Aditya berpesan sebaiknya jangan lupa pakaikan bayi pakaian berbahan tebal dan siapkan obat-obat sederhana seperti obat penurun panas dan obat pilek.

Di dalam pesawat, ada baiknya Anda juga sering-sering memberikan minum atau menyusui. Ini supaya bayi sering menelan, terutama saat take off atau landing.

Baca juga: ASI Bisa Berubah Saat si Kecil Sakit?

(ajg/up)