Senin, 16 Jan 2017 13:00 WIB

Dari Air Mata Bisa Dilihat Apakah Bayi Kekurangan Vitamin atau Tidak

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi, tes darah bisa jadi salah satu metodenya. Misalnya saat menilai apakah bayi mengalami kekurangan vitamin.

Namun, penggunaan jarum suntik pastinya bisa membuat bayi kesakitan dan menangis. Nah, saat ini, peneliti menyebutkan ada cara alternatif untuk mengetahui kadar vitamin pada tubuh bayi, tanpa menimbulkan rasa sakit yakni dengan memakai sampel air mata.

Peneliti di Chemical Advanced Resolution Methods (ChARM) Laboratory, Michigan Tech saat ini berusaha membuat protokol tes sederhana dalam menggunakan air mata bayi guna mendeteksi kekurangan vitamin. Pemimpin studi, Maryam Khaksari mengatakan umumnya kekurangan vitamin tidak terdeteksi sampai timbul gejala.

"Pada titik ini, kekurangan vitamin bisa menimbulkan kerusakan permanen. Tubuh Anda tidak bisa menghasilkan vitamin dan vitamin mencerminkan apa sumber makanan yang ada di tubuh. Sehingga, kadar vitamin di tubuh bisa jadi indikasi status nutrisi seseorang," kata Khaksari seperti dikutip dari Fit Pregnancy.

Baca juga: Bayi 10 Hari Meninggal Setelah Diberi Suplemen Vitamin D

Untuk studi ini, Khaksari dan tim melakukan tes darah serta air mata pada 15 bayi baru lahir dan orang tuanya. Hasilnya, ditemukan kadar vitamin B dan E di sampel air mata bayi bisa merefleksikan kadar vitamin B dan E di darah bayi.

"Ya, meski di sampel air matanya bayi punya lebih banyak kandungan vitamin B larut air dan lebih sedikit vitamin E larut lemak," tambah Khaksari dalam laporannya di Experimental Eye Research.

Diharapkan, ke depannya akan lebih banyak penelitian yang bisa memberi metode yang sedikit lebih invasif dan mudah dilakukan dalam memeriksa kondisi kesehatan bayi. Khaksari mengatakan sejak air mata mengandung vitamin, air mata bisa berpotensi menjadi medium tes klinis yang lain.

Baca juga: Studi: Risiko Autisme Anak Terkait Kurangnya Asupan Vitamin D Ibu Saat Hamil

(rdn/vit)