Senin, 11 Nov 2019 08:30 WIB

Penasaran Mengapa Tisu Toilet Selalu Berwarna Putih? Ini Alasannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ini alasan dibalik warna putih pada tisu toilet. Foto: ilustrasi/thinkstock Ini alasan dibalik warna putih pada tisu toilet. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Tisu toilet merupakan komponen penting dalam sebuah toilet. Dengan berbagai kualitas dan jenis, kebanyakan di manapun kita berada tisu toilet secara umum pasti berwarna putih.

Rupa-rupanya, di balik warna putih tisu toilet ada alasan ilmiah di baliknya, lho. Dikutip dari Times of India, berikut tiga alasan ilmiah jika kamu penasaran mengapa tisu toilet selalu berwarna putih:

1. Alasan pertama

Tisu toilet memiliki warna putih karena mengalami proses pemutihan atau bleaching. Tanpa proses ini, tisu toilet akan berwarna kecoklatan, dan kebanyakan perusahan tisu toilet tidak berinvestasi untuk membuat tisu toilet berwarna karena akan menambah pengeluaran ekstra. Dan jika hal tersebut dilakukan, tentu harga tisu toilet akan menjadi lebih mahal.

2. Alasan kedua

Di sisi lain, ada alasan karena tisu toilet berwarna putih lebih ramah lingkungan. Mengapa? Karena tisu toilet putih akan terurai lebih cepat daripada yang berwarna. Banyak perusahaan tisu toilet melakukan bleaching atau pemutihan pada bubur kayu dengan hydrogen peroxide atau klorin untuk membuatnya lebih putih. Proses ini dilakukan untuk menyingkirkan senyawa lignin dan menghaluskan tisunya.

3. Alasan ketiga

Memang, belakangan ada beberapa perusahaan yang memproduksi tisu toilet berwarna atau dengan cetakan gambar, namun terkait risiko kesehatan, direkomendasikan untuk tetap menggunakan tisu toilet berwarna putih. Sebab banyak dokter yang telah mengaitkan tisu toilet berwarna dengan peningkatan risiko pada kesehatan dengan adanya pewarna.


Simak Video "Jangan Sering-sering Gunakan Karbol untuk Bersihkan Toilet!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)