Rabu, 17 Des 2014 17:38 WIB

Ingin Awet Muda? Kuncinya, Jangan Merasa Tua

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
London - Konon orang yang merasa dirinya sudah berumur nyatanya memang akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Namun tampaknya kepercayaan ini bukanlah sekadar basa-basi. Sebab belakangan peneliti memastikan lansia yang berjiwa muda terbukti lebih sehat dan panjang umur.

Kesimpulan ini diperoleh tim peneliti dari University College London setelah mengamati lebih dari 6.000 orang selama 8 tahun. Masing-masing dari mereka ditanyai apakah merasa lebih tua atau lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Ternyata 70 persen partisipan merasa tiga tahun lebih muda. Seperempat lainnya merasa usia mereka hampir mendekati usia yang sebenarnya. Uniknya, setelah risiko kematian mereka dihitung, mereka yang merasa lebih muda dari usia aslinya berpeluang 41 persen lebih kecil untuk meninggal dalam kurun 8 tahun, atau selama penelitian berlangsung.

Tercatat hanya 14 persen partisipan yang berjiwa muda tapi meninggal dalam kurun 8 tahun. Ini jauh lebih sedikit daripada jumlah partisipan yang merasa lebih tua dari usianya dan meninggal dalam kurun waktu yang sama.

Sebab peneliti melaporkan, satu dari empat orang yang merasa lebih tua daripada usia kronologisnya terbukti meninggal dunia selama studi berlangsung atau memiliki harapan hidup yang lebih pendek daripada yang berjiwa muda.

"Kami tidak menampik ini bisa jadi ada kaitannya dengan kondisi kesehatan fisik maupun gaya hidup mereka, tapi setelah mempertimbangkan aspek tersebut, kami menemukan mereka yang merasa lebih tua memang memiliki risiko kematian dini yang lebih besar," tandas peneliti Prof Andrew Steptoe seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (17/12/2014).

Meskipun peneliti belum dapat mengungkap alasan di balik keterkaitan ini, mereka percaya bahwa orang yang merasa lebih muda cenderung lebih pandai menjaga diri, menjaga pola makan sehingga berat badannya ideal, serta mematuhi setiap saran dari dokter untuk menjaga kesehatan mereka.

"Karena berjiwa muda tadi, teman-teman mereka yang usianya lebih muda juga jauh lebih banyak. Karena mereka lebih sering terlibat dalam aktivitas yang dilakukan generasi muda, dan ini secara otomatis membantu mereka berpikir lebih positif," lanjutnya.

Sebaliknya, orang yang merasa lebih tua cenderung mengisolasi diri dari kehidupan sosial serta kurang bisa menjaga kesehatan dirinya.

(lil/vit)
News Feed