Selasa, 06 Sep 2016 09:01 WIB

Ortho-K, Terapi Mata Minus Tanpa Operasi

Martha HD - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Bermata minus namun bosan memakai kacamata? Ortho-k bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi minus mata tanpa operasi. Apa itu ortho-k?

Orthokeratology atau ortho-k sebenarnya merupakan lensa kontak. Namun lensa kontak ini berbeda dari umumnya karena bisamengurangi atau menghilangkan minus pada mata sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan kacamata.

"Ortho-k ini merupakan cara non bedah yang berguna untuk mendatarkan kornea mata. Alat ini didesain khusus untuk digunakan malam hari atau saat tidur," jelas dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE saat ditemui dalam acara seminar dan workshop 'Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak pada Kacamata dan Gadget' di RS Jakarta Eye Center, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (3/9/2016).

Untuk mendatarkan kornea, ortho-K akan mengubah bentuk kornea mata dengan cara menekannya. Hal itulah yang akan membuat minus menjadi berkurang atau hilang.

Baca juga: Pola Bermain Tak Sehat, Anak-anak Banyak Pakai Kacamata di Usia Terlalu Muda

"Nah untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pasien dianjurkan untuk menggunakan minimal 8 jam sehari," ungkap dr Tri.

Lalu bagaimana dengan orang yang tidur kurang dari 8 jam? Mereka masih bisa menggunakan lensa kontak dengan hasil yang maksimal.

"Jadi mereka yang tidur kurang 8 jam bisa dengan menggunakan ortho-k saat sebelum tidur untuk memenuhi 8 jam itu. Misalnya tidur cuma 6 jam, sisa 2 jamnya itu digunakan sebelum tidur," ungkap dr Tri.

Walaupun dapat mengurangi minus maupun silindris pada mata, namun hasilnya tidak permanen. Minus hanya berkurang pada pagi hingga sore hari, kemudian kondisinya akan kembali seperti semula.

"Jadi sembuhnya hanya temporer selama pagi hingga sore, malamnya akan kembali seperti semula," tutup dokter lulusan Universitas Indonesia ini.

(vit/vit)
News Feed