Selasa, 14 Mar 2017 08:31 WIB

Hal-hal yang Penting Diperhatikan Sebelum Menggunakan Kacamata

Puti Aini yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Kacamata merupakan salah satu alat bantu melihat ketika seseorang mengalami kondisi mata yang tidak normal, misalnya mata minus (rabun jauh) maupun mata plus (rabun dekat). Ketika hendak menggunakan kacamata, tetap ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Menurut dr Endang Johani SpM, ketika hendak menggunakan kacamata, maka hal yang harus diperhatikan adalah ukuran lensa yang sesuai dengan tajamnya penglihatan (visus) dan refraksinya. Untuk mengetahui hal ini, seseorang harus mengikuti pemeriksaan terlebih dahulu.

"Tajam penglihatan diperiksa dengan pemeriksaan snellen. Sedangkan, pemeriksaan refraksi dilakukan untuk mengetahui ukuran kacamata. Hal ini dilakukan agar kacamata sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut," kata dr Endang kepada detikHealth.

Baca juga: Yuk Main di Luar! Sinar Matahari Sehatkan Mata dan Cegah Mata Minus

"Untuk besar kecilnya frame, apakah mau frame yang besarnya sampai menutupi alis atau yang lebih kecil boleh saja. Ini sesuai selera," sambung dokter yang praktik di RS Siloam Lippo Village Karawaci ini.

Hal ini juga diamini dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC). Ia mengatakan ketika hendak memilih kacamata harus sesuai dengan hasil ukuran pemeriksaan dokter. Sedangkan mengenai model frame, menurut dr Zeiras bisa bebas sesuai dengan selera si pemakai.

Lebih lanjut, dr Zeiras mengataka seseorang dapat mengalami gangguan penglihatan saat menggunakan kacamata yang tidak tepat. Misalnya, mata menjadi mudah lelah dan disertai rasa pusing karena mata bekerja terlalu keras.

"Mata juga akan tetap melihat dalam keadaan buram karena ukurannya nggak pas. Lalu pada anak-anak hal ini juga memicu lebih cepat bertambahnya ukuran lensa dibandingkan dari penggunaan lensa yang tepat," imbuh dr Zeiras.

Sementara, dr Zeiras menjelaskan kacamata sendiri tidak berfungsi untuk menghilangkan mata minus maupun plus. Sebab, pada dasarnya fungsi kacamata adalah untuk mengatasi gangguan penglihatan yang bisa disebabkan mata minus atau plus.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Mata Minus Atau Plus di Usia Anak-anak


(rdn/up)
News Feed