Rabu, 07 Jun 2017 09:40 WIB

Infeksi Zika Baru Berkurang, Puerto Rico: Epidemi telah Berakhir

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Turunnya angka infeksi baru virus Zika membuat pemerintah Puerto Rico menurunkan status kegawatdaruratannya. Per Senin 5 Juni 2017 kemarin, epidemi Zika dinyatakan sudah berakhir oleh pemerintah Puerto Rico.

Data dari Departemen Kesehatan Puerto Rico menyebut sejak April lalu hanya ada 10 kasus infeksi Zika baru perbulan. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pada bulan Agustus 2016 ketika infeksi mencapai puncaknya dan tercatat ada 8.000 kasus per bulan.

Meski begitu, Departemen Kesehatan tetap memberikan peringatan bagi ibu hamil dan anak-anak yang lahir dari ibu positif Zika untuk bepergian ke luar negeri. Hal ini dilakukan untuk mecegah terjadinya penyebaran baru di luar Puerto Rico.

Baca juga: Cacat Lahir 20 Kali Lebih Tinggi pada Ibu Hamil yang Kena Zika

"Jumlah infeksi baru turun dengan sangat signifikan. Kami menganggap bahwa apa yang sebelumnya disebut sebagai epidemi Zika sudah berakhir. Fokus kami sekarang ini adalah mengontrol populasi nyamuk dan memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat yang sudah positif terinfeksi Zika sebelumnya," demikian pernyatan dari Departemen Kesehatan Puerto Rico, dikutip dari Reuters.

Menanggapi pernyataan tersebut, Direkutr Central for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, dr Anne Schuchat, mengatakan bahwa meski jumlah infeksi baru sudah menurun, pemerian travel warning bagi warga negara AS yang ingin bepergian ke Puerto Rico masih diberlakukan. Hal ini dikarenakan sifat virus Zika yang bisa bertahan lama, baik di dalam tubuh manusia ataupun nyamuk.

"Kami turut senang dengan adanya kemajuan dalam penanganan Zika di Puerto Rico. Meski begitu kita tidak boleh lengah. Nyamuk-nyamuk di Puerto Rico masih banyak yang terinfeksi Zika dan tetap memiliki risiko untuk memunculkan infeksi baru," paparnyanya.

Baca juga: Dampak Lain Virus Zika: Bisa Mengecilkan Testis Pria (mrs/up)
News Feed