Minggu, 11 Jun 2017 20:05 WIB

Bawang Merah Vs Bawang Putih, Mana Lebih Ampuh Lawan Kanker?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Dari berbagai jenis dan warna bawang, ada yang paling tinggi kandungan antioksidannya. Simak penjelasannya di artikel berikut ini. (Foto: iStock) Dari berbagai jenis dan warna bawang, ada yang paling tinggi kandungan antioksidannya. Simak penjelasannya di artikel berikut ini. (Foto: iStock)
Jakarta - Bawang dikenal punya kandungan antioksidan yang tinggi, bagus untuk menangkal risiko kanker. Namun dari berbagai jenis dan warna bawang, ada yang paling tinggi kandungan antioksidannya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Food Reseach International menyebut bahwa ekstrak bawang berwarna merah mampu membunuh 3-4 kali lebih banyak sel kanker dibanding ekstrak bawang dengan warna lebih pucat.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengamati secara spesifik bawang yang tumbuh di Ontario. Konon, daerah tersebut menghasilkan bawang dengan kandungan flavanoid quercetin paling tinggi. Senyawa tersebut merupakan salah satu antioksidan pembunuh sel kanker.

Baca juga: Infografis: Penyebab Kanker Serviks, Kenali Agar Bisa Dicegah

Dari lima spesies bawang yang dibandingkan diambil ekstraknya, lalu diberikan kontak langsung dengan sel-sel kanker kolorektal. Hasilnya, kelimanya ampuh membunuh sel kanker. Namun yang paling banyak membunuh sel kanker adalah varietas bawang berwarna merah, yang mereka sebut Ruby Ring.

Bawang putih dan bawang merah sama-sama mengandung antioksidanBawang putih dan bawang merah sama-sama mengandung antioksidan (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)

Baca juga: Bulog Gandeng Polri Operasi Pasar Beras Hingga Bawang Merah

Dikutip dari Health.com, para ilmuwan menyebut bahwa bawang berwarna merah tersebut tidak hanya mengandung lebih banyak quercetin. Jenis bawang tersebut juga kaya akan anthocyanin, yakni pigmen atau pemberi warna pada tanaman yang memperkuat efek quercetin.

Baca juga: Harga Bawang Merah dan Putih di Yogyakarta Melejit

(up/up)
News Feed