Sabtu, 16 Sep 2017 11:09 WIB

Mau Asma Tak Kambuh Lagi? Lakukan Gaya Hidup Sehat Detik Ini Juga!

Suherni Sulaeman - detikHealth
Asma bisa diatasi dengan olahraga. Foto: Thinkstock Asma bisa diatasi dengan olahraga. Foto: Thinkstock
Jakarta - Mayoritas pasien asma mengandalkan obat sehari-hari untuk mengendalikan gejala seperti mengi, nyeri dada dan sesak napas. Bahkan ada juga yang menghindari aktivitas olahraga lantaran takut asma kambuh.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, asupan harian dari diet sehat yang kaya protein, buah dan sayuran yang dikombinasikan dengan olahraga yang tepat dapat membantu mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup pada orang dengan kondisi ini, dilansir dari laman Indian Express.

"Ada peningkatan bukti bahwa pasien asma yang mengalami obesitas bisa mendapatkan keuntungan dari diet yang lebih baik dan olahraga yang meningkat," kata Louise Lindhardt Toennesen dari Rumah Sakit Universitas Bispebjerg di Denmark.

Baca juga: Punya Asma Saat Anak-anak, Mungkinkah Hilang Ketika Dewasa?

Untuk penelitian tersebut, yang dipresentasikan pada Kongres Internasional Masyarakat Pernapasan Eropa 2017 di Italia, tim tersebut bekerja dengan sekelompok 149 pasien.

Mereka secara acak ditugaskan ke salah satu dari empat kelompok: satu kelompok diminta mengikuti diet yang mengandung protein tinggi dan dengan indeks glikemik rendah (IG rendah), kelompok lain mengikuti kelas latihan tiga kali seminggu, termasuk melakukan aktivitas intensitas tinggi.

Sementara kelompok ketiga mengikuti kelas latihan dan mengikuti diet, kemudian kelompok kontrol yang tersisa tidak melakukan keduanya.

Hasilnya menunjukkan bahwa kombinasi diet dan olahraga meningkatkan kontrol gejala dan kualitas hidup pasien, serta meningkatkan tingkat kebugaran mereka. Rata-rata, mereka yang mengikuti latihan dan mengikuti diet memiliki nilai gejala asma 50 persen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol non-intervensi.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa orang-orang dengan asma harus didorong untuk makan makanan yang sehat dan mengambil bagian dalam aktivitas fisik," kata Toennesen.

Baca juga: Jika Seperti Ini, Bisa Jadi Sesak Napas yang Dialami Disebabkan Asma (hrn/fds)
News Feed