Kamis, 09 Nov 2017 19:37 WIB

Makanan Sehat Ini Bisa Berefek Buruk Jika Dikonsumsi Berlebihan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Makanan yang sehat jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.Foto: Thinkstock Makanan yang sehat jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.Foto: Thinkstock
Jakarta - Makan makanan sehat memang dianjurkan agar tubuh mendapat asupan gizi yang optimal. Tapi yang harus diperhatikan adalah porsi serta nutrisi tersebut sudah sesuai atau tidak dengan kebutuhan tubuh. Sebab ada beberapa jenis makanan sehat yang justru berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang tak wajar. Jadi jangan keliru ya.

Untuk tahu makanan sehat apa yang tidak baik dikonsumsi setiap hari. Berikut detikHealth telah merangkumnya dari Woman's Health.

Baca juga: 7 Makanan Tinggi Kalori yang Justru Bantu Turunkan Berat Badan


1. Salmon asap

Ikan salmon merupakan makanan dengan berbagai vitamin dan omega 3 yang tinggi, yang tentunya baik. Namun sayangnya, ikan salmon yang diasap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara terus menerus karena menghasilkan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan paparan makanan dapat berisiko kanker seumur hidup. Setidaknya, konsumsi salmon asap 1-2 kali seminggu saja dan Anda bisa mengonsumsinya dengan aman dengan cara direbus ataupun dipanggang.

2. Kombucha

Kombucha merupakan minuman probiotik yang bagus untuk bakteri baik di usus. Namun karena minuman ini bersifat asam, jika dikonsumsi berlebih tentu bisa memicu sakit mag. Selanjutnya, menghirup minuman ini sepanjang hari secara teratur dapat mengekspos gigi Anda sehingga gigi jadi berongga. Selain itu, pada ibu hamil atau memiliki masalah imun tubuh juga harus menghindarinya karena bakteri yang ada dalam kombucha potensi menimbulkan penyakit.

3. Tuna

Banyak orang gemar makan tuna karena tinggi protein dan mineral seperti besi, kalsium, seng dan magnesium. Tapi, ikan tuna juga rawan mengandung merkuri sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, terutama pada ibu hamil atau ibu menyusui. Jumlah merkuri yang berlebih dapat menyebabkan keracunan yang bisa menyebabkan masalah penglihatan dan kelemahan otot.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah lemak jenuh, tapi kaya akan trigliserida rantai menengah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida secara keseluruhan. Namun, minyak ini padat kalori dengan kandungan 121 kalori per sendok makan. Mengingat ukuran porsi karena bisa menambah kelebihan kalori dalam makanan, karena itu maksimal cukup dua sendok makan per hari.

5. Daging panggang

Ketika daging, termasuk daging sapi, ikan, dan unggas dimasak pada suhu tinggi, seperti saat menggoreng atau memanggang, dapat menciptakan senyawa penyebab kanker seperti heterocyclic amines (HCAs). Karena itu batasi asupan Anda menjadi 18 gram per minggu.


Baca juga: Ingin Sehat Selalu? Ini 8 Jenis Makanan yang Bagus Dikonsumsi Tiap Hari

(hrn/up)
News Feed