Kamis, 21 Des 2017 16:35 WIB

Begini Cara Antioksidan Melindungi dan Memperbaiki Kesehatan Anda

Suherni Sulaeman - detikHealth
Antioksidan sangat menguntungkan karena bisa melindungi dan memperbaiki kesehatan tubuh/Foto: thinkstock Antioksidan sangat menguntungkan karena bisa melindungi dan memperbaiki kesehatan tubuh/Foto: thinkstock
Jakarta - Anda mungkin pernah mendengar tentang antioksidan dan efek yang menguntungkan bagi kesehatan. Ya, antioksidan kini tengah ramai diperbincangkan, setiap produk baik itu makanan maupun perawatan kosmetik berlomba-lomba memasukkan zat antioksidan ke dalam produk mereka. Sebenarnya, apa sih antioksidan itu dan bagaimana pula cara antioksidan membantu menjaga dan memperbaiki kesehatan?

Sederhananya, antioksidan adalah molekul yang menghambat oksidasi dan melindungi sel tubuh dari kerusakan. Hal ini penting bagi tubuh karena oksidasi dapat menyebabkan produksi radikal bebas yang merusak sel yang dipercaya ahli kesehatan dapat menyebabkan timbulnya penyakit serius seperti kanker. Nah, dikutip dari womensweekly.com.sg, berikut adalah 10 cara antioksidan membantu kesehatan serta fungsi tubuh Anda:

Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Antioksidan, Baik atau Buruk?

1. Antioksidan sebagai agen anti penuaan

Menjadi tua memang tidak bisa dihindari, hanya saja kita bisa mencoba menunda efek negatifnya terhadap tubuh. Suplemen kesehatan atau minuman nutrisi yang mengandung antioksidan dapat membantu tubuh Anda melawan kerusakan dengan menetralisir serangan radikal bebas.

2. Antioksidan membantu menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit selalu menjadi perhatian utama wanita. Ya, itulah alasan mengapa wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk perawatan kulit dan juga facial. Selain dibantu dengan produk kecantikan ini, asupan antioksidan bisa juga membantu kulit Anda meningkatkan tingkat hidrasi dan elastisitas kulit. Antioksidan juga penting untuk sintetis kolagen, proses yang menghaluskan kulit dan mengurangi garis halus serta keriput.

3. Antioksidan melindungi mata

Untuk membantu menunda perkembangan degenerasi makula terkait usia lanjut dan kekurangan fungsi penglihatan, antioksidan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata dan ketajaman visual Anda. Antioksidan juga dapat membantu mengurangi risiko katarak, penyakit yang umumnya menyerang wanita maupun pria di usia lanjut.

4. Antioksidan membantu kesehatan gigi

Kesehatan gigi bisa mahal jika Anda mengalami masalah dengan gigi dan gusi Anda. Selain menjaga kesehatan mulut, antioksidan dapat membantu mengatasi masalah seperti kerusakan gigi, gingivitis (peradangan gusi) dan gusi berdarah.

5. Antioksidan mendukung sistem kekebalan tubuh

Jika Anda sering jatuh sakit, itu bisa jadi karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Antioksidan dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda mencegah dan melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus berbahaya. Jika Anda menderita penyakit ringan seperti flu, antioksidan bisa membantu meringankan gejala dan juga mempercepat pemulihan Anda.

6. Antioksidan meningkatkan energi dan tingkat metabolisme

Wanita yang bekerja full time ditambah harus mengurus keluarga dan anak-anak sangat menguras energi yang bisa mempengaruhi konsentrasi serta performa sehari-hari. Oleh karena itu, mendapatkan asupan antioksidan dapat membantu Anda dengan meningkatkan energi dan daya tahan tubuh sehingga dapat melewati hari demi hari dengan baik.

7. Antioksidan membantu memperbaiki kesehatan kardiovaskular

Tahukah Anda bahwa antioksidan juga berperan penting dalam kesehatan kardiovaskular? Ya, antioksidan menjaga tekanan darah senantiasa normal dan juga memperbaiki mikrosirkulasi. Selain itu, antioksidan juga meningkatkan fungsi dinding arteri dan ketebalan hati yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

8. Antioksidan juga berperan sebagai sumber nutrisi

Antioksidan membantu meningkatkan penyerapan kalsium di usus. Antioksidan juga menyerap zat besi yang bersumber dari sayuran yang sangat berguna bagi para vegetarian. Pentingnya lagi, antioksidan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

9. Antioksidan meningkatkan tulang dan kesehatan sendi

Dosis reguler antioksidan dari suplemen kesehatan dapat membantu kepadatan tulang, mencegah kram otot, mendorong massa tulang dan membantu pembentukan tulang rawan, tendon, ligamen, dan jaringan ikat lainnya di dalam tubuh.

10. Antioksidan membantu memperbaiki fungsi otak

Minum suplemen antioksidan dapat membantu otak meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan kognitif dan memperlambat penuaan otak. Seiring bertambahnya usia, sangat penting untuk menjaga otak agar tetap berfungsi optimal seiring dengan penurunan kognitif pada tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: 10 Menu Sarapan yang Kaya Antioksidan Agar Tubuh Lebih Sehat (hrn/up)
News Feed