Selasa, 26 Des 2017 19:11 WIB

Urine Berwarna Hijau Jadi Perbincangan di Internet

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Sebuah foto beredar di Figure 1, sebuah forum berbagi untuk kalangan dokter dari seluruh dunia. Foto tersebut menampilkan urine dengan warna tak biasa, yakni hijau.

Lazimnya, urine berwarna jernih hingga kekuningan. Urine berwarna hijau dalam sebuah kantong yang tersambung dengan kateter tersebut jadi perbincangan karena dianggap tidak lazim.

Dikutip dari Mayo Clinic, urine berwarna hijau bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah pemakaian pewarna methylen blue untuk menguji fungsi ginjal. Warna biru yang dihasilkan senyawa ini bisa menghasilkan warna hijau ketika berpadu dengan warna kuning dari urine.

Baca juga: Urine Tercium Tak Seperti Biasanya? Waspada, Mungkin Ini 8 Penyebabnya

Kemungkinan lainnya adalah penggunaan obat-obat tertentu, seperti amitriptyline, indomethacin, dan propofol. Bisa juga disebabkan oleh hypercalcemia, sebuah kelainan langka yang diturunkan dan sering disebut juga blue diaper syndrome.

Beberapa jenis infeksi saluran kemih juga menyebabkan urine berwarna hijau. Salah satunya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri pseudomonas.

Dalam foto yang jadi perbincangan tersebut, catheter bag yang menampung urine memberikan petunjuk bahwa urine berwarna hijau berasal dari pasien yang tengah dirawat intensif.

Baca juga: Air Kencing Seperti Teh dan Berbusa, Tanda Ginjal Bermasalah?

(up/up)
News Feed