Kamis, 28 Des 2017 15:05 WIB

Makanan Seperti Ini Perlu Dihindari Pengidap TB Paru

Suherni Sulaeman - detikHealth
Makanan seperti ini perlu dihindari pengidap TB paru/Foto: ilustrasi/thinkstock Makanan seperti ini perlu dihindari pengidap TB paru/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - TB (sering disebut TBC) atau tuberculosis merupakan penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh kuman yang disebut sebagai mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini masuk melalui saluran pernapasan kemudian bersarang di saluran napas dan paru.

Bagi mereka yang positif mengidap TBC, pola makan yang benar sangat menentukan perkembangan kesehatan dan efektivitas pengobatan. Sebab, secanggih apapun pengobatannya jika tidak disertai dengan pola makan yang benar dan sehat tetap saja terasa sia-sia.

Menurut dokter spesialis paru, dr Boedi Swidarmoko, SpP(K), jika ingin sembuh total dari penyakit ini, menjauhi pantangan makanan adalah keharusan bagi pasien TB paru. Namun, selama tidak menimbulkan batuk darah, maka tidak ada pantangan.

"Pantangan makanan bagi penderita TBC sepanjang tidak ada batuk darah tidak ada pantang. Kecuali goreng-gorengan, itu kita hindari," kata dr Boedi kepada detikHealth.

Baca juga: Obat Andalan TBC Adalah Sinar Matahari

Dikatakan dr Boedi, beberapa makanan lain yang harus diperhatikan adalah buah pepaya, termasuk daun pepaya dan juga kembang pepaya. Karena makanan tersebut bisa merangsang batuk.

"Ada beberapa makanan yang bisa mempermudah batuk darah. Seperti misalnya pepaya, kemudian durian," ujarnya.

"Durian itu agak keras dan panas, sehingga kita khawatirkan batuk darahnya itu akan sulit terhenti," tambah dr Boedi.

Terakhir, makanan yang harus dihindari adalah daging kambing. Zat yang terkandung di dalam daging kambing mampu berpengaruh terhadap sistem peredaran darah, bahkan zat tersebut juga mampu mendukung pembentukan zat nitrosamin yang menyebabkan radang paru-paru. Jika terus-terusan dikonsumsi ketika paru-paru sedang bermasalah, maka tidak mungkin paru-paru menjadi kronis.

"Kemudian seperti daging kambing, ya itu harus kita hindari supaya tidak batuk darah berulang," tegas dr Boedi.

Baca juga: Mengapa Penyakit Paru-paru Bisa Bikin Kurus? (hrn/up)
News Feed