Jumat, 29 Des 2017 15:17 WIB

Urine Berwarna Hijau Milik Sopir Truk, Karena Konsumsi Obat Kuat?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Urine berwarna hijau milik sopir truk Foto: Erliana Riady/detikcom Urine berwarna hijau milik sopir truk Foto: Erliana Riady/detikcom
Jakarta - Seorang sopir truk menarik perhatian saat dilakukannya tes urine di Terminal Patri, Kota Blitar. Subarlan (57) keluar dari kamar mandi membawa cup urine untuk diperiksa oleh petugas Badan Narkotika Kota (BNK) Blitar.

Urine Subarlan menarik perhatian karena warnanya yang tak lazim, yakni hijau. Menurutnya, hal ini terjadi karena ia mengonsumsi obat kuat pada malam sebelumnya.

"Semalam habis minum jamu sehat mbak biar kuat. Soalnya saya harus mengantar barang sampai wilayah Jawa Tengah besok ini," kilahnya sambil mengangkat lengan, dikutip dari detiknews.

Baca juga: Tersipu Malu Hasil Urine Warna Hijau, Begini Reaksi Sopir Truk

Jamu sehat merupakan bahasa lain untuk jamu obat kuat. Keterangan dari petugas BNK menyebut tidak mengetahui persis apa penyebab ada seseorang dengan urine yang berwarna hijau.

Di sisi lain, pemberitaan soal urine berwarna hijau sempat hangat di internet. Sebuah foto kantong kateter yang berisikan urine berwarna hijau menjadi perhatian dokter-dokter karena dianggap tak lazim.

Dikutip dari Mayo Clinic, urine berwarna hijau bisa terjadi karena berbagai hal. Yang paling umum, urine berwarna hijau merupakan reaksi dari tes pengecekan fungsi ginjal yang menggunakan pewarna biru. Ketika bercampur dengan warna kuning dari urine, warna yang terlihat pun bisa menjadi hijau.

Penggunaan obat-obatan juga disebut dapat membuat urine berwarna hijau. Amitriptyline, indomethacin, dan propofol merupakan jenis obat-obatan yang memengaruhi urine dan membuatnya menjadi berwarna hijau.

Sebab lain urine berwarna hijau yang harus mendapat perhatian serius adalah hypercalcemia, yang disebut juga sebagai blue diaper syndrome. Tak hanya itu, infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri pseudomonas juga bisa menyebabkan urine berwarna hijau.

Baca juga: Urine Berwarna Hijau Jadi Perbincangan di Internet

(mrs/up)
News Feed