Jumat, 12 Jan 2018 15:05 WIB

Ciri-ciri Batuk yang Perlu Diwaspadai Gejala Berbahaya

Firdaus Anwar - detikHealth
Meski sebagian besar kasus batuk dapat sembuh sendiri, jangan dianggap remeh. (Foto: thinkstock) Meski sebagian besar kasus batuk dapat sembuh sendiri, jangan dianggap remeh. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Batuk merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Banyak orang mungkin sudah terbiasa dengan batuk namun bukan berarti gejala ini bisa disepelekan.

dr Sharon Horesh Bergquist dari Emory Clinic, Amerika Serikat, mengatakan seseorang perlu tahu batuk seperti apa yang bisa sembuh sendiri atau perlu diperiksa lebih lanjut.

Baca juga: Saran Dokter Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

Batuk yang muncul mendadak biasanya disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek dan flu. Selama batuk tidak ada perubahan seperti menghasilkan dahak yang semakin kental atau mengeluarkan darah maka masih bisa dicoba terapi rumahan.

"Mayoritas kasus batuk sebetulnya bisa sembuh sendiri hanya dengan istirahat dan terapi rumahan," kata dr Sharon seperti dikutip dari CNN, Jumat (12/1/2018).

Tapi kalau batuk sudah disertai dahak yang gelap dan kental, kesulitan bernapas, bengek, demam, terlebih mengeluarkan darah maka segera periksakan diri.

"Semua itu merupakan tanda-tanda penyebabnya adalah infeksi bakteri bukan virus seperti bronkitis, pneumonia, atau kondisi medis lain," lanjut dr Sharon.

dr Dianiati Kusumo Sutoyo, SpP(K), juga pernah mengatakan untuk jangan menganggap enteng batuk yang sudah terjadi lebih dari delapan minggu. Bila dibiarkan maka dari batuk saja bisa menimbulkan masalah otot-otot perut sakit, dada sakit, buang air kecil dan buang air besar tidak terkontrol, selaput paru robek, hingga patah iga.

"Selaput paru yang robek hingga iga patah itu karena tekanan otot tinggi. Bisa karena berusaha mengeluarkan dahak," pungkasnya.

Baca juga: 'Obat' Alami yang Paling Banyak Digunakan untuk Atasi Batuk (fds/up)
News Feed