Senin, 22 Jan 2018 16:20 WIB

Bakar 100 Kalori Lebih dengan 7 Kegiatan Simpel Ini Yuk! (2)

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kegiatan simpel sepeti naik tangga, shopping, mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa membakar 100 kalori bahkan lebih/Foto: Thinkstock Kegiatan simpel sepeti naik tangga, shopping, mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa membakar 100 kalori bahkan lebih/Foto: Thinkstock
Jakarta - Ada kalanya Anda merasa malas berolahraga, terutama jika memiliki banyak kegiatan. Tapi jika tak ada waktu pergi ke gym untuk membakar kalori bisa saja Anda akan mengalami kenaikan berat badan. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi bukan?

Nah, jika tidak ingin tubuh Anda menggemuk, Anda bisa melakukan 7 kegiatan simpel ini untuk membakar lemak. Bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah ataupun di kantor seperti dikutip dari Shape.

Baca juga: Bakar 100 Kalori Lebih dengan 7 Kegiatan Simpel Ini Yuk!

1. Ganti kebiasaan ngemil

Cara termudah untuk membakar 100 kalori adalah dengan menukar camilan seperti permen dengan camilan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Sehingga dengan mudah menghilangkan ekstra kalori bahkan lebih.

2. Pergi shopping

Cukup dengan jalan-jalan dan menghabiskan waktu dua jam di toko atau pusat perbelanjaan, baik untuk belanja atau hanya sekadar melihat-lihat tanpa disadari bisa membakar kalori hingga 144 kalori.

3. Menggerak-gerakkan tangan dan kaki

Menurut penelitian oleh Mayo Clinic di AS, saat seseorang gelisah, misalnya karena terlalu lama menunggu, biasanya akan menggerakkan tangan dan kaki berulang-ulang secara cepat bisa membantu membakar 100 sampai 150 kalori dibanding hanya duduk diam.

4. Jalan-jalan dengan hewan peliharaan

Memiliki seekor anjing bisa menjadi motivasi yang baik untuk menjalani gaya hidup yang lebih aktif. Bawa anjing Anda untuk berjalan-jalan atau berlari berkeliling selama satu jam akan membantu Anda membakar 136 kalori.

5. Stretching

Luangkan waktu 75 menit untuk peregangan atau melakukan yoga membakar 104 kalori setiap hari. Anda tidak perlu melakukan ini sekaligus, cukup habiskan 10 menit di pagi hari untuk memberi energi pada diri Anda dan lima menit setiap jam untuk meregangkan dan mengurangi ketegangan di bahu dan punggung saat Anda bekerja.

6. Naik tangga

Naik tangga adalah salah satu cara termudah untuk membakar lebih banyak kalori dalam sehari. Berjalan naik dan turun tangga selama 20 menit sudah membakar 128 kalori.

7. Melakukan pekerjaan rumah tangga

Mungkin ada sebagian orang yang tidak suka melakukan pekerjaan rumah tangga, tapi pekerjaan rumah tangga bisa membantu membakar kalori. Satu jam menyedot debu dan menyetrika akan membakar total 210 kalori.

Baca juga: Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga? (hrn/up)
News Feed