Kamis, 25 Jan 2018 16:30 WIB

Makanan Jamur Bisa Mencegah Penuaan Dini, Benarkah?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jamur merupakan makanan yang bisa mencegah penuaan. Foto: iStock Jamur merupakan makanan yang bisa mencegah penuaan. Foto: iStock
Jakarta - Siapa yang suka mengonsumsi jamur sebagai hidangan sehari-hari? Harusnya kamu bahagia, karena mengonsumsi jamur secara rutin disebut-sebut bisa mencegah penuaan dini.

Hal ini ditunjang oleh salah satu penelitian dari Penn State, bahwa jamur bisa membantu memperlambat proses penuaan. Ini dikarenakan jamur mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Penelitian yang dipublikasikan di Food Chemistry ini menemukan bahwa tingkat ergothioneine (ERGO) dan glutathione (GSH) pada 13 varietas jamur ternyata lebih tinggi daripada sayuran.

Baca juga: Catat! Kurangi 6 Makanan Ini Jika Tak Ingin Cepat Menua

Ergothioneine adalah antioksidan kuat yang sangat efektif untuk memberikan perlindungan tubuh dari radikal bebas. Sedangkan glutathione merupakan antioksidan yang dapat menjadikan tubuh dan kulit tampak lebih muda.

"Mereka (jamur) mengandung jumlah tertinggi antioksidan dalam rantai makanan manusia," ujar penulis utama penelitian tersebut, Robert Beelman PhD, dikutip dari aol.com.

Menurut Beelman, kadar Ergothioneine yang harusnya dikonsumsi manusia adalah tiga miligram atau setara dengan lima jamur kancing per hari.

Baca juga: Suka 10 Makanan Ini? Tenyata Dipercaya Bikin Kulit Awet Muda Lho (wdw/up)
News Feed