Sabtu, 27 Jan 2018 12:04 WIB

Kondisi Kesehatan Mulut Perokok Konvensional Vs Perokok Elektrik

Firdaus Anwar - detikHealth
Bau mulut perokok konvensional dan perokok elektrik tidak jauh berbeda. Foto: Thinkstock Bau mulut perokok konvensional dan perokok elektrik tidak jauh berbeda. Foto: Thinkstock
Jakarta - Rokok elektrik atau vape sering disebut sebagai pilihan alternatif yang lebih sehat dari rokok konvensional. Ada pro kontra terkait hal tersebut namun satu peneliti di Indonesia setidaknya sudah melihat bagaimana perbandingan kondisi kesehatan mulut para konsumennya.

Dr drg Amaliya Msc, PhD, dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) mengatakan bahwa mulut adalah gerbang pertama sebelum asap rokok atau uap vape masuk ke tubuh. Oleh karena itu dampak kesehatan yang mungkin bisa terjadi dapat langsung diperhatikan di sana.

Hasilnya menurut drg Amaliya dari faktor kebersihan mulut antara perokok konvensional dan perokok elektrik tidak jauh berbeda. Namun pada tingkat sel ia memperhatikan lebih banyak sel inti kecil dalam mulut perokok konvensional.

"Pada perokok sel-sel di rongga mulutnya, pipi bagian dalam, memperlihatkan ketidakstabilan perilaku sel yang ditandai dengan timbulnya sel-sel inti yang kecil," kata drg Amaliya dalam acara Talkshow Polemik Asap Vs Uap di Warung Daun, Jln. Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1/2018).

Baca juga: Komentar Dokter Paru Soal Video Viral Anak SD yang Isap Vapor

Normalnya menurut drg Amaliya ketika sel membelah diri maka inti sel akan terbelah terbagi dua secara sempurna sama besar. Pada kasus perokok sel-sel mulutnya terbagi secara tidak normal sehingga ada yang terlihat seperti inti-inti kecil.

Hal ini terjadi bisa karena sel-sel yang ada terpapar oleh zat berbahaya.

"Itu adalah salah satu indikator yang mungkin bisa mengarah pada keganasan atau kanker," lanjutnya.

Baca juga: Rokok Konvensional Vs Elektrik, Mana Lebih Berisiko Picu Kanker Paru?

(fds/up)
News Feed