Rabu, 31 Jan 2018 15:33 WIB

Kunyah Makanan Ini untuk Hilangkan Bau Napas Tak Sedap

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kunyah makanan seperti peterseli atau selada bisa menghilangkan napas tak sedap/Foto: iStock Kunyah makanan seperti peterseli atau selada bisa menghilangkan napas tak sedap/Foto: iStock
Jakarta - Meski tampak sepele, tapi bau napas yang tak sedap dapat membuat orang tidak percaya diri. Sehingga tak jarang, kondisi ini mengganggu hubungan personal. Walau sudah berbagai cara termasuk menjaga kebersihan mulut, sayangnya tidak juga berhasil.

Anda tentu tidak ingin terus-terusan mengalami pengalaman memalukan ini, bukan? Nah, seperti dikutip dari Women's Weekly, berikut sejumlah makanan yang dapat menangkal bau mulut tidak sedap. Apa saja makanan itu?

Baca juga: Hal-hal Tak Terduga yang Bikin Bau Mulut

1. Daun peterseli dan garnish hijau lainnya

Peterseli lebih sering ditemui sebagai garnish atau pelengkap dalam hidangan. Tak banyak yang tahu bahwa kandungan alami dalam daun tumbuhan kecil ini memiliki aroma yang bisa menutupi bau mulut.

2. Teh

Sama seperti peterseli, teh juga mengandung beberapa senyawa yang bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri mulut yang menyebabkan bau mulut tak sedap. Studi menunjukkan bahwa minum teh merah atau hijau tanpa gula dapat membantu menangkal bau mulut.

3. Air

Minum banyak air putih. Air putih bisa mengatasi mulut kering yang bisa mengakibatkan bau napas tak sedap. Air putih membantu mencegah partikel makanan agar tidak terjebak di sela-sela gigi yang mengakibatkan tumbuhnya bakteri.

4. Selada

Selada mengandung banyak serat dan vitamin C yang berpotensi membantu menetralkan partikel-partikel makanan yang biasa masuk ke dalam geraham Anda. Selain mengurangi bau mulut, selada juga bisa menyegarkan napas Anda.

5. Permen karet bebas gula

Permen dapat membantu mengusir partikel makanan yang menempel di gigi Anda dan membantu mulut menghasilkan lebih banyak air liur untuk membersihkan mulut Anda. Pilihlah permen karet tanpa gula karena tidak akan merusak gigi.

Baca juga: Hati-hati, Pola Makan Seperti Ini Bisa Picu Bau Mulut (hrn/up)
News Feed