Selasa, 13 Feb 2018 16:40 WIB

4 Cara Sembuhkan Flu dan Pilek dengan Cepat (2)

Suherni Sulaeman - detikHealth
Cara cepat sembuhkan flu dan pilek/Foto: Thinkstock Cara cepat sembuhkan flu dan pilek/Foto: Thinkstock
Jakarta - Flu dan pilek yang disebabkan oleh virus umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Meski begitu, flu maupun pilek terkadang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Lalu, bagaimana caranya agar flu dan pilek yang Anda alami cepat sembuh dan Anda dapat beraktivitas normal seperti biasanya? Seperti dikutip dari Shape, berikut beberapa anjuran untuk Anda.

Baca juga: 4 Cara Sembuhkan Flu dan Pilek dengan Cepat

1. Banyak makan sayur dan buah

Sayuran dan buah dapat menjaga tingkat nutrisi dan hidrasi bahkan saat Anda tidak memiliki selera makan. Konsumsilah sup yang dapat membantu menenangkan sakit tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat. Konsumsi juga buah-buahan yang mengandungn vitamin C yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, banyak minum air, namun jangan sampai berlebihan.

2. Duduk di bawah sinar matahari

Meskipun mager alias malas gerak dan lebih nyaman meringkuk di tempat tidur sepanjang hari, tapi tak ada salahnya melangkah keluar sebentar dari ruangan. Beberapa udara segar dan sinar matahari yang hangat akan membuat Anda lebih baik. Ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah yang bisa mempercepat proses pemulihan Anda.

4 Cara Sembuhkan Flu dan Pilek dengan Cepat (2)Udara segar dan sinar matahari yang hangat akan mempercepat proses pemulihan flu dan pilek/Foto: Thinkstock


Baca juga: Musim Hujan dan Banjir, Cegah Flu dan Pilek dengan 4 Langkah Simpel Ini

3. Konsumsi bawang putih

Tak hanya untuk melezatkan makanan, bawang putih juga terbukti membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan virus. Meski demikian, mungkin hal ini akan dipermasalahkan bagi sebagian orang karena akan menyebabkan bau mulut.

4. Hindari alkhol dan rokok

Alkohol dapat memperparah sumbatan dan pembengkakan di dalam hidung. Selain itu hindari juga merokok atau paparan asap rokok saat flu, sebab asap rokok akan mengiritasi membran lendir dan memperparah gejala Anda. Jika terlalu sulit menghindarinya, setidaknya batasi penggunaannya.

4 Cara Sembuhkan Flu dan Pilek dengan Cepat (2)Hindari merokok atau paparan asap rokok saat flu, sebab asap rokok akan mengiritasi membran lendir dan memperparah gejala/Foto: thinkstock


Baca juga: Musim Hujan dan Banjir, Cegah Flu dan Pilek dengan 4 Langkah Simpel Ini (2) (hrn/up)
News Feed