Kamis, 15 Feb 2018 09:05 WIB

Peran Genetik dalam Dunia Kesehatan dan Personalized Medicine

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 2 dari 5
1 1. Apakah "personalized medicine"?
Foto: thinkstock Foto: thinkstock

Yaitu obat-obat yang disesuaikan dengan penyakit yang diidap pada pasien dengan genetik tertentu. Menurut Prof Hera, sudah ada beberapa kasus di mana obat-obatan yang diberikan tidak cocok dengan pasien yang dituju. apalagi di indonesia yang obatnya masih impor.

"Obat-obatan yang kita terima di Indonesia itu biasanya digunakan oleh orang-orang Amerika atau Eropa, meskipun lolos FDA (Food and Drugs Association), tapi seringkali tidak diujikan pada orang Asia," kata Prof Hera saat berbincang-bincang dengan detikHealth, Rabu (14/2/2018).

Dalam seminar publik "The Power of Advance Genomics: Tracing Human Origins and Predicting Diseases Towards Personalized Medicine", dua narasumber dari Amerika yaitu Dr Andrew Peterson dan Dr Jeffrey Wall menyampaikan penelitia mereka dalam genetik dan percampuran populasi manusia.

Dikemukakan oleh mereka mengenai teknologi terkini dari genomic yang dapat memberikan informasi kepada kita, yaitu mengenai berbagai macam kerentanan maupun kepekaan kita terhadap penyakit atau hal-hal lain yang bersinggungan dengan medis.

(up/up)
News Feed