Rabu, 21 Feb 2018 09:08 WIB

Kenapa Suhu Dingin Sering Bikin Kita Jadi Kebelet Pipis?

Firdaus Anwar - detikHealth
Suhu ruangan yang dingin dorongan untuk pipis sering muncul mengganggu. Foto: Istimewa Suhu ruangan yang dingin dorongan untuk pipis sering muncul mengganggu. Foto: Istimewa
Jakarta - Pernahkah kamu mengalami berulang kali terganggu oleh dorongan untuk pipis saat sedang berada di lingkungan yang dingin? Tidak peduli meski sebelumnya sudah pipis dorongan tersebut akan kembali dalam hitungan menit.

Pembawa acara SciShow Hank Green mengatakan fenomena ini disebut cold diuresis atau diuresis dingin. Penyebabnya karena tubuh memang menghasilkan urine yang lebih banyak ketika berada di lingkungan dengan suhu rendah.

Baca juga: Kenapa Kalau Udara Dingin Tubuh Terasa Nyeri?

"Meski mekanisme dibaliknya masih diperdebatkan kebanyakan ahli fisiologi berpendapat bahwa ini adalah cara tubuh menjaga agar kita tetap hangat," ungkap Hank.

"Seperti kebanyakan hewan pada umumnya, satu cara yang bisa dilakukan untuk bertahan di suhu dingin adalah mengurangi aliran darah pada area terpapar dingin. Pembuluh darah di kulit akan mengerut meminimalisasi jumlah darah yang terpapar suhu ruangan sehingga tubuh tak perlu berusaha ekstra agar tetap hangat," lanjutnya.

Nah karena aliran darah ke permukaan kulit berkurang artinya ada darah berlebih yang berkumpul di arteri dan vena inti. Sebagai bentuk kompensasi maka tingkat cairan tubuh pun dikurangi dengan meningkatkan jumlah air pada urine.

Selain itu ada juga teori lain yang menyebut bahwa kita sering kencing di suhu dingin karena kaitannya dengan garam dan fungsi ginjal.

"Ginjal kamu tidak bisa berfungsi dengan baik di suhu dingin sehingga garam jadi tidak bisa diserap kembali ke tubuh. Hal ini memicu apa yang disebut diuresis osmotik, kandungan garam menarik keluar cairan dari darah ke urine," papar Hank.

Kebiasaan sering kencing di suhu dingin bukan hal yang berbahaya. Hanya saja Hank mengingatkan agar orang-orang ingat untuk mengganti cairan yang hilang dengan rajin minum.

Baca juga: Waspada! 5 Hal Ini Dapat Terjadi Saat Kamu Kedinginan (fds/up)
News Feed