Rabu, 21 Feb 2018 13:10 WIB

Gadis yang Menangis Darah Ini Diobati dengan Obat Kanker

Firdaus Anwar - detikHealth
Bila serangan perdarahan terjadi, Nikki bisa mengeluarkan air mata darah. (Foto: BBC) Bila serangan perdarahan terjadi, Nikki bisa mengeluarkan air mata darah. (Foto: BBC)
Jakarta - Nikki Christou (13) adalah salah satu dari dua anak yang menjalankan terapi eksperimental untuk kondisi gangguan pembuluh darah bernama arteriovenous malformation (AVM). Kondisi ini ditandai dengan pembuluh darah yang tidak terbentuk sempurna sehingga penyandangnya bisa mengalami perdarahan berbahaya.

"Rasanya sangat menyeramkan karena darah tidak cuma mengalir keluar dari hidung tetapi juga masuk ke tenggorokan dan mulut. Kalau kondisinya sangat buruk darah juga bisa keluar dari saluran air mata membuat saya menangis darah," kata Nikki seperti dikutip dari BBC, Rabu (21/2/2018).

Baca juga: Olivia Menangis Air Mata Darah, Diduga Terkena Penyakit Langka

"Saya bisa merasa pusing dan ketika terjadi perdarahan parah saya harus dibawa ambulans," lanjutnya.

Akibat AVM sebelah kanan wajah Nikki membengkak yang bila dibiarkan bisa semakin parah. Untuk itu ia pun setuju untuk mengikuti studi eksperimen yang dilakukan oleh para peneliti dari University College London dan Great Ormond Street Hospital (GOSH).

Menurut pemimpin studi dr Veronica Kinsler timnya telah menemukan empat genetik mutan yang bertanggung jawab terhadap kondisi AVM. Diketahui bahwa gen tersebut ternyata sama seperti gen yang ada pada berbagai jenis kanker.

"Ini adalah sebuah temuan besar bagi kami. Menemukan gen penyebab AVM pada pasien berarti kami bisa merumuskan terapi yang berpotensi memperlambat, menghentikan, atau bahkan memperbaiki kondisi ini dalam jangka panjang," kata dr Veronica.

Nikki dan satu anak lainnya kini tengah mencoba mengambil obat kanker yang menargetkan gen mutan pada AVM. Ia sudah menjalani 30 operasi dan ratusan kali sesi konsultasi dengan dokter.

Baca juga: Fenomena Aneh Seputar Menangis, Air Mata Darah Hingga Air Mata Batu (fds/up)
News Feed