Kamis, 01 Mar 2018 11:30 WIB

Jangan Ngoyo! Olahraga Terus-terusan Malah Bikin Nggak Maksimal Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Olahraga yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Foto: thinkstock Olahraga yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Foto: thinkstock
Jakarta - Bagi sebagian orang, olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidupnya. Bahkan mereka rela untuk olahraga setiap hari dengan intensitas yang cukup tinggi.

Alasan lainnya bukan hanya untuk kebugaran, yakni ingin membentuk tubuh yang ideal dan otot kekar. Mereka beranggapan dengan angkat beban setiap hari, prosesnya akan lebih cepat.

Namun hal ini justru membuah hasilnya tidak maksimal. Menurut pelatih kebugaran dari National Group Fitness Manager, Triesca Arisandy, tubuh membutuhkan waktu istirahat.

"Menurut research, badan kita itu recovery adalah dalam jangka waktu 48 jam, dengan format (latihan) yang sama," ujarnya saat ditemui di Celebrity Fitness Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2018).

Baca juga: Jangan Cuma Olahraga, Ini Cara Tambahan Membentuk Perut Sixpack

Hal ini kerap kali tidak diketahui banyak orang, sehingga mereka tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Karena sejatinya, tubuh memerlukan waktu untuk meregenerasi sel dan membentuk otot yang lebih kuat.

"Kadang-kadang orang jadi salah karena nggak tahu, jadi mereka setiap hari angkat beban. Itu lah kenapa mereka nggak dapat hasil, karena ototnya sudah capek di pakai lagi, jadi nggak maksimal," jelasnya.

Jika ingin berolahraga setiap hari, Triesca menyarankan untuk membuat variasi latihan dengan intensitas yang juga bervariasi. Ini menghindari terjadinya kelelahan otot.

"Contoh, saya latihan setiap hari tapi di hari Senin saya latihan kekuatan, di hari Selasa saya latihan stretching flexibilitas, hari ketiga latihan functional training, hari keempat sepeda. Semakin bervariasi bagus," tandasnya.

Baca juga: Video: Mau Kekar Seperti Ibrahimovic? Gampang, Seperti Ini Latihannya (wdw/up)
News Feed