Kamis, 01 Mar 2018 19:03 WIB

Sedang Tak Enak Badan? Coba 5 Makanan Pemulih Ini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Alpukat adalah salah satu makanan pemulih tubuh. Foto: iStock Alpukat adalah salah satu makanan pemulih tubuh. Foto: iStock
Jakarta - Saat sedang merasa tidak fit atau tidak enak badan, artinya sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun. Dampaknya, kita bisa terserang berbagai macam penyakit, seprti demam dan flu.

Sebagian orang menganggap beberapa makanan bisa menjadi pemulih di saat tubuh sedang tidak fit, seperti dikutip dari The List. Apa saja makanan tersebut?

1. Kranberi

Kranberi atau biasanya orang Indonesia menyebutnya ceri kecil. Buah satu ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu melindungi dan menyembuhkan tubuh dari kerusakan sel, dan bahkan dikenal bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Saking banyak manfaatnya, kranberi disebut oleh Nutrisi Molekuler dan Riset Makanan bahwa dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker payudara dan paru.

Baca juga: 7 Makanan yang Dipercaya Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

2. Alpukat

Jangan sampai kamu tidak menyukai buah satu ini. Alpukat adalah sumber serat dan asam lemak tak jenuh atau lemak baik yang cukup tinggi. Sudah jelas, alpukat bisa membantu menormalkan kadar kolesterolmu. Selain itu, potasium yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Dalam pemulihan, lemak yang terdapat di dalam alpukat terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

3. Greek yoghurt

Greek yoghurt atau yogurt Yunani, dengan tekstur yang kental dikenal memiliki banyak manfaat. Yogurt jenis ini merupakan sumber kalsium tinggi dan mengandung hampir dua kali lipat jumlah protein yang ada di yogurt biasa.

Kekuatan pemulihannya terdapat pada probiotik yang terkandung di dalamnya. Bakteri sehat itu bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan.

4. Bayam

Bayam memang tidak mungkin membantu otot tumbuh seketika seperti Popeye. Tetapi bayam mengandung zat besi tinggi yang dapat menjaga tekanan darah. Selain itu, kandungan antioksidannya dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan luka. Bahkan, bermanfaat pula bagi kesehatan mata.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil terkenal sebagai minyak sehat yang dapat mencegah datangnya penyakit. Minyak zaitun yang kaya akan omega-3 dan asam lemak tak jenuh ini menurut penelitian bisa membantu menurunkan risiko stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Baca juga: Cegah Flu di Musim Pancaroba dengan 8 Makanan Sehat Ini

(wdw/up)
News Feed