Rabu, 14 Mar 2018 08:20 WIB

Mudah Lelah dan Denyut Nadi Tak Normal? Bisa Jadi Risiko Stroke Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Mudah lelah padahal baru sedikit kerja? Bisa jadi itu risiko stroke. (Foto: thinkstock) Mudah lelah padahal baru sedikit kerja? Bisa jadi itu risiko stroke. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Stroke adalah suatu penyakit yang ditakutkan terutama bagi orang di usia tua. Risiko penyakit ini meningkat lima kali lipat dengan adanya fiblirasi atrium (FA).

FA merupakan gangguan irama jantung, di mana denyut nadi tak teratur atau degup jantung tak berirama normal.

"Tapi kadang kala degup jantung bisa berubah-ubah. Tidak selalu berhubungan setelah olahraga, mungkin saja ada orang yang mudah deg-degan," ujar dokter spesialis jantung Singapura, dr Tan Ru San saat ditemui di Carlton Hotel, Singapura, Selasa (13/3/2018).

Degup jantung yang tak normal ini menyebabkan jantung tidak kuat memompa darah keluar dan akibatnya membentuk pembekuan darah atau disebut klot.

"Saat ada klot ini bisa menyebabkan strok, apalagi jika terbentuk di otak," tegas dr Tan.

Selain degup jantung yang tidak normal, gejala lain dari stroke adalah tubuh yang mudah lelah. Tubuh memberi sinyal bahwa ada gangguan yang terjadi di dalamnya, namun biasanya diabaikan begitu saja.

dr Tan menganjurkan jika menemukan degup jantung yang tidak normal disertai dengan kelelahan yang terus-menerus, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter.

"Sulit untuk membandingkan degup jantung kita dengan orang normal lain. Maka jika ragu-ragu, sebaiknya segera datangi dokter untuk mencegah terjadinya stroke," tutupnya.
(wdw/fds)
News Feed