Rabu, 14 Mar 2018 11:10 WIB

Mendengarkan Despacito Saat Olahraga Ada Manfaatnya Lho

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Olahraga sambil mendengarkan musik bisa bikin tubuh semakin terpacu. (Foto: Thinkstock) Olahraga sambil mendengarkan musik bisa bikin tubuh semakin terpacu. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Anda mungkin sudah bosan mendengar lagu hit milik Luis Finso yang bertajuk Despacito ini. Namun siapa sangka lagu bergenre Latin seperti ini ternyata memberikan manfaat luar biasa bagi Anda saat berolahraga.

Sebuah studi yang dilakukan Texas Tech University Health Sciences, El Paso menunjukkan mendengarkan musik bergenre Latin yang upbeat seperti Despacito membuat olahraga terasa lebih mudah.

Peneliti membuktikannya dengan mengamati 127 partisipan yang menjalani tes dengan treadmill sembari diukur detak jantungnya menggunakan ECG (electrocardiogram). Rata-rata mereka berusia 53 tahun dan memiliki riwayat medis yang sama, di antaranya mengidap diabetes dan hipertensi.

Kemudian secara acak tiap partisipan diminta mendengarkan musik Latin bertempo cepat atau tidak mendengarkan apapun selama menjalani tes tersebut.

Selama tes, peneliti sengaja menaikkan dan menurunkan kecepatan treadmill tiap tiga menit sekali.

Pada akhirnya, kelompok yang mendengarkan musik tahan berolahraga lebih lama (505,8 detik) dibanding kelompok pembandingnya (455,2 detik). Mereka juga berolahraga lebih keras.

"Ini membuktikan lagi bahwa musik upbeat mampu membuat Anda berolahraga lebih lama dan menjadikannya kegiatan rutin harian," kata peneliti seperti dilaporkan Men's Health.

Dr Martin Matsumura, MD dari Geisinger Health System, Wilkes, Barre, Pennsylvania mengatakan musik memang telah lama diakui kemampuannya untuk menambah semangat seseorang saat berolahraga.

Namun peneliti tidak mengetahui apa sebabnya. "Mekanismenya masih belum jelas. Tetapi sebagian orang beranggapan ini semata karena pengalihan perhatian dari rasa sakit ketika berolahraga," kata Matsumura yang tidak terlibat dalam studi ini.

Hanya saja ia berpesan jika Anda lari atau bersepeda sembari mendengarkan musik, pastikan untuk tidak memutar lagu terlalu kencang.
(lll/up)
News Feed