Rabu, 14 Mar 2018 12:05 WIB

Mengenal 5 Tanda Kanker Kelenjar Getah Bening

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening. Foto: ilustrasi/thinkstock Kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah salah satu jenis kanker yang cukup sulit dideteksi. Akan tetapi, jika kamu peka sedikit dan memiliki informasi yang memadai mengenai gejala yang nampak pada penyakit tersebut, serta rutin melakukan medical check up, deteksi dini dapat dilakukan.

"Di stadium dini, yakni stadium satu, umumnya muncul tanpa gejala. Biasanya penyakit baru ditemukan pada saat check up. Kalau sudah agak lanjut, gejala yang ditimbulkan bermacam-macam. Kalau primernya di indung telur atau ovarium biasanya muncul benjolan di perut, nyeri perut, kacau haidnya atau haid tidak teratur," tutur dr Denni Joko Purwanto, SpB (K) Onk dari RS Kanker Dharmais beberapa waktu lalu kepada detikHealth.

Kanker ini dibagi menjadi dua jenis yakni limfoma hodgkins dan limfoma non hodgkins. Merujuk data dari RS Dharmais, kanker payudara berada di urutan pertama yang paling banyak dialami, selanjutnya ada kanker serviks, kanker paru, kanker nasofaring, dan kanker limfoma hodgkin. Itu berarti, kanker kelenjar getah bening juga salah satu yang patut diwaspadai.

Dirangkum detikHealth, berikut ini adalah ciri umum dari kanker limfoma. Bagikan informasi ini kepada orang-orang terkasihmu.

(ask/up)
News Feed