Kamis, 15 Mar 2018 11:04 WIB

Ini Dia Permukaan Kulit yang Biasa Ditumbuhi Bisul

Suherni Sulaeman - detikHealth
Meski kecil, bisul bisa jadi sangat mengganggu. Bisul juga biasa tumbuh di tempat yang tidak biasa. Lantas, di mana saja biasanya bisul tumbuh? Foto: ilustrasi/thinkstock Meski kecil, bisul bisa jadi sangat mengganggu. Bisul juga biasa tumbuh di tempat yang tidak biasa. Lantas, di mana saja biasanya bisul tumbuh? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Meski kecil, bisul bisa jadi sangat mengganggu buat orang yang mengalaminya, bahkan menyakitkan. Bisul juga biasa tumbuh di tempat yang tidak biasa, seperti misalnya di pantat. Lantas, di mana saja biasanya bisul tumbuh?

Dikatakan oleh dokter spesialis kulit, dr Galih Manggala dari RS Permata Depok, bisul dalam dunia kedokteran disebut juga foliculitis, carbuncle dan furuncle. Merupakan suatu kumpulan nanah yang terakumulasi dan mengumpul pada rongga-rongga jaringan setelah mengalami infeksi terhadap sesuatu.

"Bisul ini ditandai dengan kulit memerah dan kadang mengeluarkan nanah," terang dr Galih, sapaan akrabnya kepada detikHealth.


Bisul, imbuh dr Galih, biasanya muncul di area yang ditumbuhi rambut akibat adanya infeksi bakteri pada folikel rambut. Faktor risiko terjadinya bisul erat dikaitkan dengan kebersihan tubuh. Bakteri biasanya akan mudah memasuki pori-pori dan menginfeksi folikel rambut.

"Bisul ini diakibatkan karena infeksi pada folikel rambut karena bakteri paling sering kegiatan yg kontak dengan air yg tercemar seperti pada saat banjir," kata pria asal Malang, Jawa Timur itu.

"Dapat tumbuh di mana saja, terutama di area berambut seperti wajah, ketiak, leher, bahu, bokong," pungkasnya.




(hrn/mrs)
News Feed