Kamis, 15 Mar 2018 14:01 WIB

Selain Anak-anak, Orang Dewasa Juga Rentan Bisulan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Bisul di bagian tertentu terasa sangat mengganggu (Foto: Thinkstock) Bisul di bagian tertentu terasa sangat mengganggu (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Apakah Anda pernah terkena bisul? Ya, mendengar nama bisul mungkin akan membuat Anda tertawa. Bisul biasanya identik terjadi pada anak-anak. Nah, selain mudah dialami anak-anak, apakah orang dewasa juga rentan bisulan?

Menurut dokter spesialis kulit, dr Galih Manggala, infeksi bagian dalam kulit yang berkembang menjadi benjolan kecil ini bisa terjadi pada siapa saja. Baik anak-anak maupun orang dewasa.

"Bisul bisa terjadi pada semua usia. Penyebab bisul adalah infeksi dari bakteri staphylococcus aureus," tutur dr Galih kepada detikHealth.

dr Galih menjelaskan, faktor-faktor penyebab terjadi bisul salah satunya adalah kurangnya menjaga kebersihan.

Selain itu, orang-orang dengan penyakit tertentu, seperti diabetes dan HIV (Human Imunodeficiency Virus) atau juga penggunaan obat tertentu yang melemahkan sistem kekebalan tubuh lebih rentan menderita bisulan.

Bisul bisa terjadi pada semua usia. Penyebab bisul adalah infeksi dari bakteri staphylococcus aureusdr Galih Manggala, SpKK




"Daya tahan tubuh yang lemah seperti pasien HIV, diabetes dan penggunaan obat yang menekan daya tahan tubuh," imbuh dr Galih.

dr Galih menambahkan bisul pun bisa menular melalui kontak langsung antara kulit sehat dengan nanah jika tinggal atau saling meminjam barang pribadi dengan seseorang yang bisulan.

"Tertular dari pasien atau orang lain misalnya penggunaan barang-barang pribadi seperti baju dan handuk bersama," tegas dr Galih.



(hrn/up)
News Feed